5 Manfaat Luar Biasa Mandi Dengan Air Dingin


jfjg

Palingseru.com – Hampir semua orang setiap harinya mandi dengan air dingin. Jarang sekali orang-orang yang mandi dengan air hangat. Karena, jika ingin mandi air hangat orang-orang harus merebus air terlebih dahulu agar menjadi hangat, terkecuali orang-orang yang memiliki kamar mandi yang ada air hangatnya. Mereka tak perlu bersusah payah lagi untuk memasak air dingin agar menjadi hangat.

Mandi air hangat memang dianggap lebih istimewa oleh banyak orang, karena sangat jarang sekali dilakukan. Selain itu, mandi air hangat juga diketahui memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, dan juga dapat membuat pikiran seseorang manjadi tenang.

Namun, kamu tidak usah berkecil hati, mandi air dingin yang sering dilakukan oleh orang-orang juga memiliki banyak manfaat lho untuk kesehatan.

Nah, pasti pada tidak menyangka bukan, jika air dingin yang setiap hari kita gunakan untuk mandi memiliki manfaat yang mengejutkan untuk kesehatan tubuh.

Mau tau manfaatnya seperti apa? Yuk, langsung saja kita simak yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Membakar lemak putih

Seperti kita ketahui bahwa di dalam tubuh memiliki dua jenis lemak, yaitu lemak baik dan lemak jahat. Lemak baik yaitu lemak cokelat yang sangat bermanfaat untuk tubuh memproduksi panas dan membuat tubuh menjadi hangat di saat cuaca dingin. Nah, sedangkan lemak yang jahat adalah lemak putih yang berada di pinggul, paha, pantat, dan juga perut. Lemak putih ini bisa membuat orag kegemukan. dan tidak baik untuk kesehata tubuh.

Namun, kamu tidak perlu khwatir dengan lemak putih tersebut, karena menurut hasil penelitian, mandi air dinginĀ  setiap hari dapat membakar lemak putih dengan cara meningkatkan lemak cokelat 15 kali lebih banyak dari lemak putih, sehingga tubuh akan menjadii langsing dan sehat.

2. Menghilangkan pegal setelah berolahraga

Kamu pernah merasa pegal-pegal atau rasa nyeri setelah olahraga? Mungkin, semua orang akan merasa kan hal ini setelah melakukan olahraga. Hal inilah yang biasanya membuat banyak orang menolak untuk olahraga. Padahal olahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Nah, oleh karena itu para penellitian meneliti hal ini, dan menemukan bahwa air dingin yang setiap hari kita gunakan untuk mandi ternyata sangat bermanfaat untuk menghilangkan rasa pegal, dan nyeri setelah olahraga. Jadi, ketika kamu berolahara sebaiknya kamu langsung mandi air dingin, agar pegal-pegal kamu segera hilang.

3. Bangun tidur jadi lebih mudah

Semua orang pasti merasakan sangat sulit untuk bangun tidur. Hal ini dikarena kan mereka merasakan lemas saat bangun tidur. Nah, untuk itu ada cara yang lebih baik agar setelah bangun tidur kamu lebih semangat lagi, dan lebih berenergi lagi. Caranya dengan langsung mandi air dingin yang akan membuat tubuh kamu terkejut dengan suhu yang dingin tersebut. Selain itu, air dingin juga bisa membuat tubuh kamu terisi lebih banyak oksigen dan membuat otak kamu menjadi lebih segar . Tak hanya itu, suhu dingin tersebut jug bisa membuat jantung kamu berdetak lebih cepat, sehingga darah kamu akan mengalir lebih lancar.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ternyata, mandi air dingin juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Hal ini dikarenakan mandi air dingin dapat meningkatkan metabolisme tubuh seseorang, sehingga kekebalan tubuh akan semakin aktif dan siap memerangi bakteri dan kuman yang masuk ke dalam tubuh kita.

5. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Buat kamu yang memiliki masalah pada rambut dan kulit wajah kamu, ada tips yang baik untuk mengatasinya, yaitu dengan mandi air dingin. Sebuah penelitian membuktikan bahwa mandi air dingin dapat membuat rambut lebih sehat. Selain itu mandi air dingin juga dapat membuat pori-pori kulit wajah menjadi tertutup sehingga kuman tidak mudah masuk ke dalam pori-pori wajah kita, dna kulit pun akan semakin sehat.

Nah, itulah dia ke lima manfaat luar biasa mandi dengan air dingin

 

More From: Sehat