4 Fakta Menarik Ibu Kartini Yang Harus Kamu Ketahui


b09d37bf4d572813f1fb95e4d1a6253c

Palingseru.com – Semua orang sudah merayakan hari lahirnya Ibu Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, atau beberapa hari yang lalu. Hari tersebut merupakan hari yang sangat penting bagi kaum wanita Indonesia, karena pada hari itu telah lahir seorang pejuang wanita yang berjuang demi memajukan martabat seorang wanita.

Tak hanya itu, Ibu Kartini jugalah yang membuat wanita bisa mendapatkan pendidikan yang tinggi dan juga bisa setara dengan kaum lelaki. Ibu Kartini berjuang demi memajukan martabat kaum wanita yang selalu di anggap rendah dahulunya.

Oleh perjuangannya, kaum wanita saat ini bisa menjadi seorang pemimpin layaknya kaum lelaki. Berkat perjuangannya juga wanita sekarang dapat menjadi wanita karir yang tidak selalu tergantung dengan kaum pria.

Namun selain, hal-hal penting itu ada banyak hal menarik tentang Ibu Kartini yang harus kamu ketahui. Fakta ini mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Oleh karena itu, mari kita ketahui bersama-sama, 4 fakta menarik tentang Ibu Kartini, seperti dilansir LintasMe.com

1. Habis Gelap Terbitlah Terang

Siapa yang tak tahu dengan buku ‘Habis Gelap terbitlah Terang’ ini yang sangat popular di kalangan masyarakat. Semua orang berfikir bahwa buku di tulis oleh R.A Kartini. Tapi sebenarnya, buku ini bukan di tulis oleh R.A Kartini, melainkan disusun oleh J.H. Abendannmenamai dengan mengumpulkan surat-surat R.A.Kartini kepada temannya yang kemudian di berilah judul “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

2. Kontroversi

Meskipun R.A Kartini dianggap sebagai pahlawan nasional, tapi tetap saja R.A Kartini dianggaps sebagai pahlawan Kontroversial karena bukunya ynag berjudul “Habis Gelap terbitlah terang”. Buku ini diragukan oleh para sejarawan, karena tidak adanya bukti surat-surat R.A Kartini kepada teman-temannya yang digunakan untuk menyusun buku tersebut.

3. Nama Asli Kartini

Harus kamu ketahui bahwa nama asli Ibu Kartini adalah raden Adjeng Kartini. Namun, kenapa di panggil Kartini? Karena ia tidak ingin kasta  atau strata sosialnya diketahui semua orang, agar ia tetap terlihat sama dengan wanita lainnya.

4. Jalan Belanda

Entah apa hubungannya R.A Kartini dengan Belanda. Namun, yang pasti hubungan keduanya pasti sangat dekat sekali, sehingga banyak jalanan di Belanda di beri nama Kartini yang berarti Kartini sangat penting bagi negara Belanda.

Nah, itulah dia ke empat fakta menarik tentang Ibu Kartini, atau pahlawannya para kaum wanita Indonesia.

 

 

 


Like it? Share with your friends!