5 Cara Agar Vagina Kamu Wangi


images

Palingseru.com – Vagina merupakan bagian terpenting bagi wanita. Oleh karena itu vagina harus dijaga dan dirawat dengan sebaik-baik mungkin. Vagina merupakan organ intim yang sangat sensitif, jadi tidak boleh sembarang jika ingin merawat vagina.

Memiliki kebiasaaan yang buruk dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat vagina menjadi tidak sehat, seperti jarang mengganti pembalut, atau memakai pembalut terlalu lama. Hal ini dapat membuat vagina mudah terinfeksi oleh bakteri, selain itu juga dapat membuat vagina menjadi berbau busuk atau tak sedap.

Kebayang gak jika vagina kamu mengeluarkan bau yang tak sedap? Pasti gak mau kan? Oleh karena itu, kamu harus menjaganya dengan baik dan sehat, agar vagina kamu tetap harum dan sehat.

Mau tau cara menjaga vagina yang baik? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir health.liputan6.com.

1. Ganti pembalut

Memakai pembalut saat menstruasi memang harus di lakukan, tapi kamu juga harus menjaga kesehatan vagina kamu saat menggunakan pembalut. Usahakan untuk sering mengganti pembalut kamu, jangan biarkan pembalut kamu terlalu lama berada di vagina kamu. Kamu bisa menggunakan satu pembalut paling lama 3 jam, dan setelah 3 jam kamu harus menggantinya dengan yang baru.

2. Mandi air panas

Mandi air panas bukan hanya dapat membuat badan terasa segar, tetapi juga bisa membuat vagina kamu menjadi harum. Hal ini dikarenakan air panas dapat menghambat pertumbuhan bakteri di vagina kamu. Bakteri merupakan penyebab utama vagina menjadi bau, oleh karena itu, kamu bisa mengatasinya dengan mandi air hangat.

3. Konsumsi obat

Vagina yang bau bisa juga di sebabkan oleh penyakit menular seksual,  infeksi, dan kanker serviks. Oleh karena itu, kamu perlu mengonsumsi obat untuk mengurangi masalah infeksi tersebut. Usahakan obat yang kamu konsumsi sesuai saran dokter agar tdak menimbulkan masalah kesehatan yang lainnya.

4. Diet

Mengonsumsi makanan yang mengandung gula yang tinggi, dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi di vagina. Oleh karen itu usahakan kamu untuk menjalani diet dengan mengurangi asupan gula kamu setiap hari. Dan usahakan kamu lebih banyak mengonsumsi yogurt, karena yogurt dapat menghasilkan bakteri baik untuk vagina.

5. Menggunakan pakaian yang pas

Memakai pakaian yang pas sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan vagina kamu. Kamu harus memakai pakaian yang memberi ruang sirkulasi untuk vagina, dengan begitu vagina akan merasa lega, dan tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap. Selain itu, pakaian yang pas juga tidak membuat vagina jadi lembab, sehingga bakteri tidak mudah tumbuh di vagina.

Nah, itulah dia ke lima cara sehat untuk menjaga vagina kamu tetap wangi atau harum.

 

 

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Sehat