Di Arab Saudi Terobos Lampu Merah Haram Lho


index

Palingseru.com – Kecelakaan sangat sering kali terjadi di jalan raya. Ada banyak faktor yang menyebabkan kecelakaan tersebut dapat terjadi, salah satunya adalah ketidaktaatan terhadap lalu lintas.

Sebenarnya pemerintah sudah membuat lampu merah di jalan raya, dengan tujuan untuk mengamankan kendaraan yang berada di jalan raya, dan juga untuk memberi kenyaman saat berlalu lintas.

Namun, lampu merah ini seakan-akan dianggap tidak penting oleh orang-orang yang berkendaraan, dan ada banyak sekali pengendara yang menerobos lampu merah, karena tak kuasa untuk menunggu lama. Padahal semua itu untuk keselamatan pengendara juga saat berada di jalan raya.

Seperti halnya yang terjadi di Arab Saudi. Negara Arab Saudi merupakan negara yang memiliki jumlah kecelakaan paling tinggi di dunia. Hal ini dikarenakan ketidaktertiban pengguna jalan terhadap peraturan lalu lintas, seperti sering menerobos lampu merah.

Melihat hal tersebutlah membuat Mufti Agung Arab Saudi Aziz al-Shaikh mengeluarkan kembali fatwa haram menerobos lampu merah.

Hal ini tentunya merujuk pada  ayat suci Al-Quran yang berbunyi:

“Jika kamu membunuh satu orang secara tidak adil berarti sama dengan membunuh seluruh umat manusia, dan jika kamu menyelamatkan satu orang sama artinya kamu menyelamatkan seluruh umat manusia.”

Fatwa ini pastinya mengulang fatwa sebelumnya yang pernah ia keluarkan juga pada tahun 2010 silam. Menurut hasil laporan, bahwa hampir seluruh kecelakaan yang terjadi di Arab Saudi di sebabkan oleh pelanggaran lalu lintas.

 

More From: Berita Menarik