5 Manfaat Daun Bawang Yang Tidak Pernah Kamu Ketahui


daun

Palingseru.com – Daun bawang merupakan salah satu jenis sayuran  yang digunakan dalam masakan. Daun bawang ini biasanya digunakan dalam masakan seperti sup, marabak telur, soto, dan masih banyak lagi.

Daun bawang biasanya di gunakan untuk penyedap masakan. Namun, tahukah kamu bahwa meskipun hanya digunakan sebagai penyedap masakan tetapi daun bawang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kamu yang mungkin tidak kamu ketahui.

Beberapa kandungan di dalam daun bawang ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kamu. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui beberapa manfaat daun bawang untuk kesehatan tubuh.

Lalu, apa saja kah manfaat daun bawang? Seperti dilansir aktualpost.com, berikut ini adalah ke lima manfaat daun bawang untuk kesehatan tubuh yang tidak kamu ketahui.

1. Antibiotik alami

Harus kamu ketahui bahwa daun bawang memiliki sifat antiinflamasi dan juga antibakteri. Sifat yangg dikandung daun bawang ini membuat daun bawang menjadi antobiotik alami. Daun bawang dapat berguna untuk mencegah patogen atau bakteri penyakit untuk masuk ke dalam tubuh, sehinga tubuh tidak mudah terserang berbagai penyakit.

2. Kaya denga zat besi

Semua sudah mengetahui bahwa zat besi sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk menambah jumlah sel darah merah. Kandungan zat besi di dalam daun bawang diketahui sangat tinggi sehingga  bisa digunakan untuk terapi anemia. Bagi kamu yang  terkena anemia, kamu bisa mengonsumsi daun bawang dalam jumlah yang banyak.

3. Dapat menyehatkan jantung

Di dalam tubuh terdapat  dua kolesterol yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Daun bawang mengandung polysulfides yang berguna untuk menyehatkan sistem kardiovaskular. Selain itu Daun bawang juga mengandung  mangan yang berguna untuk  mempertahankan jumlah kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. Dengan begitu, jika jumlah kolesterol HDL semakin banyak, maka akan mengurangi kolesterol LDL, sehingga dapat menjaga kesehatan kardiovaskular agar dapat mencegah penyakit jantung dan juga stroke.

4. Mengatasi  infeksi gastro intestinal

Daun bawang diketahui dapat mencegah infeksi gastro intestinal, sehingga kita akan terhindar dari penyakit tersebut. Selain itu daun bawang juga dapat menyembuhkan batuk dan filek yang pastinya sangat mengganggu aktivitas.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh sangat baik untuk dijaga agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit.  Daun bawang adalah salah satu makanan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena daun bawang mengadung zat allicin. Zat allicin adalah senyawa sulfur yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Nah , itulah dia ke lima manfaat daun bawang untuk kesehatan tubuh.

 

 


Like it? Share with your friends!