Ternyata, Pakai Ponsel Lebih Dari 15 Jam Dapat Berisiko Terkena Kanker Otak


jhk

Palingseru.com РPonsel merupakan salah satu penemuan yang paling banyak di gunakan oleh manusia.  Penemuan canggih ini memang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Beberapa manfaat seperti orang-orang dapat berkomunikasi dari jarak jatuh, dan ponsel juga dapat membuat tali silatutahmi antar sesama tetap terjaga.

Namun, meskipun ponsel memberi banyak manfaat untuk kehiduapan banyak orang, tapi ponsel juga memiliki efek samping lho bagi penggunanya.

Menurut hasil penelitian, orang yang menggunakan ponsel lebih dari 15 jam sehari untuk menelepon akan berisiko terkena kanker otak. Hasil penelitian ini memang sedikit mengejutkan, tapi inilah yang memang benar-benar terjadi.

Seperti dilansir Merdeka.com, penelitian yang dilakukan di University of Bordeaux ini melibatkan sebanyak 253 kasus glioma atau tumor otak primer dan 194 kasus maningioma tumor jinak.

Antara tahun 2004-2006, perbandingan  antara kedua kasus tidak jauh berbeda. Penderita glioma diketahui disebabkan oleh penggunaan ponsel yang tiga kali lebih tinggi dibanding penderita maningioma.

Ternyata dalam penelitian tersebut menunjukan jika gelombang elektromagnetik dari ponsel tersebut dapat menyebabkan kanker, di mana jenis kanker yang sering menyerang adalah kanker otak.

Hal ini membuat banyak orang khawatir untuk menggunakan penemuan canggih tersebut.

Namun, para peneliti hanya menyarankan untuk tidak terlalu berlebihan dalam menggunakan ponsel. Dan para ilmuwan seharusnya lebih memperhatikan dampak dari penggunaan ponsel tersebut.

 


Like it? Share with your friends!