Orang Kota Lebih Bahagia Dari Pada Orang Desa, Ini Penyebabnya


hjgk

Palingseru.com – Saat-saat ini Badan Pusat Statistik  ( BPS ) mencoba meneliti kebahagiaan penduduk Indonesia. Kemudian, setelah mendapatkan datanya dapat di simpulkan jika tingkat kebahagiaan penduduk Indonesia mencapai 65,11 dari skala 0-100.

Penelitian tingkat kebahagiaan ini merangkum 10 hal yang dianggap penting dalam kehidupan yaitu, pekerjaan, pendapatan rumah tangga, kondisi rumah dan aset, pendidikan, kesehatan,  keharmonisan keluarga, hubungan sosial,  ketersediaan waktu luang, kondisi lingkungan dan kondisi keamanan.

Kemudian, dari 10 hal penting itu dapatlah menarik kesimpulan bahwa penduduk kota ternyata lebih bahagia dibanding penduduk pedesaan. Di kota level kebahagiaannya mencapai 65,92. Sedangkan di desa level kebahagiaannya mencapai 64,32.

Hal ini juga dikarenakan pendapatan orang kota lebih tinggi di banding orang desa, sehingga membuat orang perkotaan lebih bahagia dibanding orang pedesaan.

Namun, apa yang menjadi penyebab tingkat kebahagian orang kota dan orang desa berbeda? Yuk, langsung saja kita ketahui melalui ulasannya yang berikut ini, seperti dilandir Merdeka.com.

1. Infrastruktur

Infrastruktur merupakan pengebab pertama yang mengakibatkan kebahahgiaan penduduk kota dan penduduk di desa menjadi berbeda. Hal ini dikarenakan akses informasi di pedesaan sangat sulit di banding di perkotaan.

2. Kesehatan

Penyebab yang kedua adalah akses kesehatan yang juga sulit di temukan di pedesaan. Akses kesehatan di pedesaan biasanya hanya dapat di temukan di kecamatan saja, sedangkan di plosok-plosok desa tidak ditemukan, sehingga orang-orang desa sulit untuk mendapatkan akses kesehatan. Namun, sedangkan di kota akses kesehatan sudah tersebar di mana-mana.

3. Pendidikan

Pendidikan juga menjadi penyebab tingkat kebahagian berbeda. Menurut data orang yang tidak bersekolah akan memiliki tingkat kebahagiaan 61,6 saja,  sedangkan yang lulus SD mencaoai 63,9.  Lalu, yang lulus sarjana mencapai 73,6 dan yang S2/S3 mencapai 75,5. Hal  ini dikarenakan semakin tinggi pendidikan maka akan semakin besar pula pendapatan seseorang.

4. Lapangan pekerjaan

Sudah kita ketahui bahwa lapangan pekerjaan di desa lebih sulit ditemukan di banding lapangan kerja di perkotaan. Biasanya di desa hanya terbatas sebagai petani atau nelayan saja, tapi di kota ada banyak lapangan pekerjaan yang bisa kamu dapatkan. Tak hanya itu, upah buruh di kota juga lebih besar dari pada di desa.

Nah, itulah dia penyebab kenapa orang di kota lebih bahagia dibanding orang di desa.

 

 


Like it? Share with your friends!