5 Tips Agar Badan Kamu Selalu Sehat Selama Puasa Ramadhan


rdff

Palingseru.com – Bulan suci ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa di banding dengan bulan-bulan yang lainnya. Hal ini dikarenakan bulan suci ramadhan ini merupakan bulan yang penuh berkah dan kebaikan.

Semua hal yang dilakukan di bulan puasa ini yang positif akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari bulan-bulan yang lainnya. Oleh karena itu, bulan ini dianggap sangat istimewa bagi umat islam.

Namun, meskipun bulan istimewa, banyak orang yang mengatakan bahwa bulan puasa dapat membuat tubuh menjadi tidak fit, dan tidak berenergi, karena seharian kita harus berpuasa.

Nah, oleh karena itu, ada beberapa tips nih untuk kamu yang menginginkan tubuh yang selalu sehat selama di bulan suci ramadhan, agar kamu mudah melakukan semua aktivitas kamu dengan baik.

Seperti dilansir Vemale.com, berikut inilah dia ke lima tips agar badan kamu selalu sehat selama bulan ramadhan.

1. Mengonsumsi air putih, gula, dan garam

Seperti kita ketahui setiap orang di wajibkan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari, agar tubuh tidak kekurangan cairan. Namun, saat di bulan puasa kita tidak akan bisa mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas. Oleh karena itu, kita harus menyesuaikan dengan makanan yang di konsumsi. Kamu bisa mengurangi makanan yang mengandung gula dan garam, agar tubuh kamu tidak cepat merasa haus dan kekuranga cairan.

2. Makan dengan perlahan

Biasanya kalau sudah di bulan puasa ini banyak sekali orang yang mulai menjadi rakus dengan memakan semua makanan yang di sajikan. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang akanĀ  berpikir jika makan dengan banyak, maka tubuh akan kenyang dan tahan untuk puasa. Sebenarnya hal ini tidak baik dilakukan. Coba lah konsumsi makanan kamu dengan perlahan, agar tubuh bisa mencernanya dengan baik. Makanan yang di cerna dengan baik, pastinya akan menjadi baik juga saat di dalam perut.

3. Menjaga kebersihan mulut dan badan

Saat di bulan puasa bukan waktunya untuk bermalas, malasan, seperti malas mandi dan juga malas membersihkan mulut dan gigi. Sebaiknya di bulanĀ  suci ramadhan ini kamu harus membersihkan mulut dan gigi kamu agar tidak berbau meskipun berpuasa. Selain itu, kamu juga harus membersihkan badan kamu, agar badan kamu tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap.

4. Mengatasi rasa pusing dan lemas saat berpuasa

Mungkin kebanyakan orang akan merasa pusing dan lemas saat berpuasa. Hal ini wajar saja di rasakan, karena kita seharian tidak mengonsumsi makanan dan juga minuman. Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa memilih makanan yang baik untuk di konsumsi seperti makanan yang penuh serat agar tahan lama untuk di cerna. Kamu juga bisa niatkan puasa kamu dengan sungguh-sungguh untuk beribadah, dengan begitu puasa kamu tidak akan menjadi halangan untuk melakukan semua aktivitas sehari-hari.

5. Melakukan kegiatan yang menyenangkan

Untuk membuat puasa kamu menjadi lebih semangat dan tidak terasa lemas, kamu bis melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan hati, dengan begitu tubuh kamu akan lebih bersemangat untuk menjalan kan puasa selama satu bulan penuh.

Nah, itulah dia ke lima tips agar badan kamu selalu sehat selama buan puasa ramadhan.

 


Like it? Share with your friends!