Pemerintah Menetapkan Awal Puasa 1 Ramadhan Pada Hari Minggu


Puasa ramadhan

Palingseru.com – Setiap tahun jatuhnya awal puasa 1 Ramadhan memang menjadi salah satu hal yang perlu di perdebatkan. Dan sebelum pemerintah menetapkan kapan jatuhnya 1 Ramdhan ini mereka melakukan pengamatan hilal terlebih dahulu yang diketahui hilal tersebut berda di 63 titik di seluruh Indonesia.

Untuk menetapkan kapan Puasa 1 Ramadhan ini dilaksanakan. Menteri Agama Republik Indonesia melakukan sidang jumpa pers yang memberikan keputuskan bahwa tanggal 1 Ramadhan 1435 H jatuh pada hari Minggu tanggal 29 Juni 2014.

Dari saksi 63 titik tersebut tidak ada satupun yang menemukan hilal berada di atas 1 derajat. Sehingga pemerintah pun memutuskan untuk melakukan Istiqmal atau penyempurnaan bulan Sya’ban menjadi 30 hari berdasarkan laporan 63 titik lokasi hilal dari Sabang sampai Merauke yang telah ditetapkan Pemerintah RI.

Keputusan ini dikemukakan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin di kantor Kemenag, Jakarta, Jumat 27 Juni 2014.

“Diputuskan bahwa 1 Ramadan jatuh bertepatan dengan hari Ahad 29 Juni 2014,” Ungkap Lukman

Walaupun keputusan ini sudah di tetapkan , tetapi pemerintah memberikan kebebsan bagi umat Islam yang menjalankan puasa di hari lain selain tanggal 29 Juni 2014. “Pemerintah memberikan kebebasan karena masalah peribadatan tidak harus dipaksakan oleh pemerintah,” kata Lukman seperti yang dilansir dari viva.co.id (28/06/2014).

Baca Juga
Kata Kata Ucapan Marhaban Ya Ramadhan

Kumpulan Foto DP BBM selamat Puasa Ramadhan 2014

Kumpulan Ucapan Selamat Puasa Ramadhan 1435 H

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Berita Menarik