Ini Beda Penyakit Demam Berdarah dan Malaria


inilah-perbedaan-demam-berdarah-dan-malaria-bc6d

Palingseru.com – Nyamuk merupakan salah satu hewan penyebar penyakit yang sangat berbahaya. Kenapa berbahaya? Karena nyamuk dapat  dengan mudah menyebarkan berbagai penyakit, dan nyamuk juga sangat sulit untuk di basmi. Oleh karena itu, nyamuk sangat berbahaya untuk manusia.

Nyamuk diketahui dapat menyebarkan penyakit ke manusia hanya lewat gigitannya saja. Penyakit yang paling sering nyamuk sebarkan adalah demam berdarah atau DBD dan juga penyakit malaria.

Kedua penyakti ini sangat berbahaya jika tidak segera ditangani. Apa lagi jika, masih saja banyak orang yang tidak bisa membedakan antara nyamuk yang menyebarkan demam berdarah dan nyamuk yang menyebarkan penyakit malaria.

Harus kamu ketahui, bahwa nyamuk yang menyebarkan penyakit demam berdarah dan penyakit malaria tersebut berbeda. Namun, sangat sedikit sekali perbedaannya yang bisa kamu ketahui.

Nah, oleh karena itu ini ada sedikit tips untuk kamu yang belum bisa membedakan penyakit demam berdarah dan penyakit malaria, agar kamu bisa memberikan pertolongan pertama.

Seperti dilansir m.infospesial.net, inilah dia beberapa perbedaaan antara penyakti demam berdarah dan penyakit malaria.

1. Masa Inkubasi

Setelah terinfeksi, gejalanya tidak langsung timbul tetapi ada masa inkubasinya di mana, demam berdarah akan menimbulkan gejala empat samapi lima hari setelah terinfeksi. Sedangkan malaria, 1 sampai 3 minggu barulah gejalanya akan muncul.

2. Gejala

Setelah gejala timbul, kita akan bisa membedakan dengan pasti, karena gejala antara demam berdarah dan malaria sangatlah berbeda. Jika demam berdarah gejala yang timbul adalah sakit kepala dan nyeri tulang, yang nantinya akan hilang dan kemudian akan muncul lagi dengan bercak merah. Sedangkan untuk malaria gejala yang ditunjukan sedikit lebih banyak yaitu,  nyeri sendi, muntah, berkeringat, anemia dan diare.

3. Penyebab

Penyebab dari kedua penyakit tersebut adalah giigitan nyamuk, tapi nyamuknya tidak sama. Jika penyakit demam berdarah nyamuk yang menggigit adalah Aedes Aegypti yang aktif di siang hari. Sedangkan  malaria di gigit oleh nyamuk Anopheles yang aktif di malam hari.

4. Diagnosa

Untuk mengetahui penyakit demam berdara bisa melakukan tes Antigen dan  Tes Uji Anti Tubuh. Sedangkan penyakit malaria bisa menggunakan tes Mikroskopis Visual Virus.

Nah, itulah dia ke lima cara membedakan penyakit demam berdarah dan penyakit malaria.

 


Like it? Share with your friends!