Tips Aman Mudik Pakai Motor Saat Lebaran


Tradisi mudik lebaran dengan menggunakan transportasi lewat darat, laut , dan udara yang penuh memancing orang untuk memilih berangkat mudik menggunakan transportasi pribadi, yakni Sepeda motor.

Banyak orang berangkat mudik memilih menggunakan sepeda motor, selain karena murah, alasan lainnya adalah tidak berdesak-desakan dan kalau capek dimanapun bisa berhenti untuk beristirahat.

Berikut beberapa tips aman saat lebaran dengan menggunakan motor :

1.Sebelum berangkat, pastikan kondisi badan sehat, bila perlu lakukan pemanasan kecil agar badan rileks dan tidak kaku agar tekanan emosi stabil.

2. Cek kondisi sepeda motor. Pastikan semuanya baik-baik saja dan mampu diajak menempuh perjalanan jauh. Untuk baiknya sebelum berangkat mudik bawa sepeda motor Anda ke tempat service resmi terlebih dahulu untuk pengecekan kampas rem, lampu, rantai, busi dan spare part kecil lainnya yang berperan besar terhadap kondisi motor. Siapkan juga obeng, tang kunci pas, jas hujan dan peta mudik buat jaga-jaga selama perjalanan.

3. Untuk kenyamanan gunakan helm full face, sarung tangan, sepatu, penutup muka, dan jaket. Jaket ada baiknya gunakan warna terang agar keberadaan Anda terbaca oleh kendaraan besar dan mereka bersedia memberi jalan kepada Anda.

4. Bagi si pembonceng dan anak-anak gunakan helm full face, jaket, sepatu dan penutup muka.

5. Bawa selalu perlengkapan P3K, terutama bagi yang membawa anak kecil. Siapkan minyak penghangat agar badannya terlindungi dan tidak masuk angin. Tapi untuk lebih baik jangan membawa anak kecil demi kesehatan dan keselamatan mereka.

6. Jangan membawa barang bawaan berlebih. Keseimbangan motor perlu dijaga, selain karena perjalanan jauh, juga agar tubuh Anda bisa leluasa bergerak dan menyamankan posisi duduk.

7. Cukupkan istirahat. Berhentilah di pos-pos mudik yang tersedia untuk melakukan istirahat, sholat dan makan.

8. Pastikan emosi terkendali dengan tidak ngebut atau saling mendahului, hormatilah antar sesama pengendara. Bila ada kendaraan besar ingin merebut jalan anda, lebih baik mengalah dan minggir ke kiri, jalanan bukan tempat adu menang kalah, tetapi berpeganglah selalu dengan peribahasa ‘biar lambat asal selamat’

9. Jagalah jarak dengan kendaraan lain. Hindari ngobrol dijalan, bila ingin berbicara dengan pengendara lain, minggir dan cari tempat aman.

10. Jangan menggunakan telepon genggam selama berkendara. Kalaupun terpaksa berhentilah ditempat yang aman.

11. Jangan membawa uang berlebihan, lebih baik simpan dulu di ATM. Kalaupun terpaksa simpan ditempat yang aman. Disaku cukuplah untuk membeli bensin dan makan.


Like it? Share with your friends!