5 Mainan Yang Bisa Membuat Anak Kamu Jadi Sakit Serius


193201_1

Palingseru.com – Sebuah mainan merupakan salah satu hal yang sangat disukai anak – anak. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa tidak semua mainan itu memiliki manfaat yang baik, ada beberapa mainan yang bisa bikin anak kamu menjadi sakit.

Untuk itu, bagi para orangtua harus berhati – hati dalam memberikan mainan kepada buah hatinya. Beberapa mainan yang bisa membuat anak kamu menjadi sakit ini salah satunya mainan yang memiliki magnet.

Namun, selain itu masih banyak lagi jenis mainan yang bisa bikin anak kamu jadi sakit. Seperti yang dilansir dari detik.com, berikut ini ulasannya :

1. Mainan Magnet

Mainan magnet merupakan salah satu mainan yang bisa membuat anak menjadi sakit. Sebab, efek dari mainan magnet ini dapat menyebabkan jantung lemah. Contohnya saja mainan magnet yang biasanya di tempel di kulkas. Hal ini dilakuakn oleh Penelitian di Swiss bahwa magnet dapat mengganggu kinerja alat pacu jantung atau pacemaker. Apalagi jika si pemilik jantung lemah berdiri dekat magnet sejauh 3 cm dari lemari es.

Selain itu para peneliti dari University Hospital of Zurich, Swiss, juga mengatakan bahwa warna magnet seperti keperakan dan agak berkilau, maka magnet tersebut terbuat dari campuran logam neodymium-bsi-boron. Mainan dengan magnet yang seperti ini dapat menghasilkan magnet dengan daya lekat yang sangat kuat yang berakibat anak bisa mengalami serangan jantung.

2. Mainan Logam

Mainan logam ini juga mainan yang berbahaya dan bisa membuat anak kamu jadi sakit. Sebab, mainan yang berbahandasar logam ini mengadung zat beracun seperti timbal dan kadmium dan jika tertelan akan membahayakan tubuh anak.

“Kami mengamati bahwa kadmium dan kontaminasi timbal sangat beracun dan berbahaya jika dibuat menjadi mainan. Dari beberapa sampel kami juga menemukan adanya tembaga, nikel, arsen, dan antimon,” ungkap Gerald J. Zagury, seorang profesor di Polytechnique Montreal, Kanada seperti yang dilansir dari detik.com.

3. Mainan Laser

Mainan laser ini memang banyak disukai anak – anak. Namun, mainan laser ini bisa membuat anak kamu jadi sakit. Sorotan warna yang terang ini dapat membuat kerusakan mata anak hingga bisa membuat kebutaan.Beberapa laser yang diketahui berbahaya ini seperti laser dengan kelas 4 memiliki tenaga sebesar 1.250 miliwatt. Tenaga ini cukup besar dan sangat berbahaya bagi mata. Sedangkan pointer laser yang kita kenal memiliki tenaga tidak lebih dari 5 watt.

4. Game Digital

Bermain game digital seperti yang ada di dalam handphone atau tablet ini memang bisa membuat anak keasikan. Namun, bermain game digital ini tidak baik untuk kesehatan fisik maupun mental anak.

“Memang enak ya pakai tab atau smartphone, dikasih ke anak terus dia bisa anteng. Tapi orang tua harus memberi pengawasan yang tepat, batasi jam anak bermain gadget,” seperti yang dikatakan Yandramin Halim, Managing Director PT Faber-Castell International Indonesia.

5. Boneka

Boneka memang merupakan mainan yang paling disukai anak – anak , khususnya anak perempuan. Namun, boneka ini juga bisa membuat anak jadi sakit karena boneka dapat menjadi tempat sarang kuman . Menurut penelitian, boneka positif mengandung bakteri S.pyogenes dan bakteri S.pneumoniae. Menurut sebuah studi dari University at Buffalo School of Medicine and Biomedical Sciences menemukan bahwa Streptococcus pneumoniae dan Streptococcus pyogenes dapat berlama-lama hidup di luar tubuh manusia. Dan bakteri S.pyogenes merupakan penyebab umum radang tenggorokan dan penyakit kulit pada anak-anak di sekolah.

Nah, tulah dia kelima mainan yang bisa membuat anak kamu jadi sakit.


Like it? Share with your friends!