5 Perbandingan Kekuatan Militer Israel dan Hamas


kekuatan-laut-rev1

Palingseru.com – Serangan Israel ke Gaza saat ini semakin terus dilakukan. Di tambah lagi perbandingan kekuatan militer Israel dan Hamas snagat berbeda jauh.

Sejak di mulainya Operasi Perlindungan Perbatasan dua minggu lalu lewat serangan udara, serangan militer Israel semakin sering dilakukan.

Jumlah korban tewas pun semakin meningkat. Saat ini sudah tercatat sebanyak 330 orang yang menjadi korban di Palestina. Sedangkan di Israel hanya dua orang yang tewas menjadi korban.

Perbandingan yang sangat jauh ini sepertinya membuat keuntungan untuk Israel. Sedangkan ini bukan peperangan, tetapi penjajahan yang dilakukan oleh Israel terhadap Gaza.

Di tambah lagi kekuatan militer kedua pihak sangat berbeda jauh.

Nah, seperti apa perbandingan kekuatan militer Israel dan Hamas ? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Jumlah tentara

Israel

Jumlah penduduk Israel mempunyai populasi sekitar 7,7 juta. Penduduk yang sudah masuk militer sebanyak 2,9 juta orang. Setiap tahun ada 121 ribu warga yang masuk militer. Di tambah lagi pasukan aktif sebanyak 176 ribu dan anggota militer lainnya 445 ribu.

Hamas

Personel Hamas ditaksir sekitar 15 ribu orang. Angka itu akan di pecah lagi menjadi beberapa bagian. Hal ini pastinya membuat militer Hamas sangat sedikit sekali jika dibanding dengan militer Israel.

2. Persenjataan tempur

Israel

Pasukan militer Israel memiliki lebih dari 3.000 tank, termasuk 441 merkava MkI, 455 merkava MkII, 454 Merkava MkIII, 175 Merkava MkIV dan 206 model Centurion.

Hamas

Hamas memiliki senapan serbu AK-47, di tambah lagi kendaraan perang dan roket peluncur granat, RPG-7, kendaraan patroli bersenjata BDRM-2, dan juga senjata anti pesawat tempur kaliber 14,5 mm dan 12,7 mm.

3. Kekuatan darat

Israel memiliki banyak tank seperti Tank: 3.870, Kendaran tempur berat: 9.436, Senjata pelontar: 706, Artileri: 350, dan juga Sistem peluncur roket sekaligus: 88.

4. Kekuatan udara

Selain tank, Israel juga memiliki banyak pesawat tempur, diantaranya adalah Pesawat penangkal: 243, Pesawat penyerbu: 243, Pesawat, pengangkut: 98, Pesawat latih: 245, Helikopter: 143, dan juga Helikopter serbu: 48.

5. Kekuatan laut

Israel tak hanya unggul dengan kekuatan darat dan udara saja, tetapi Israel juga unggul dengana kekuatan laut. Israel dikatakan memiliki 110 kapal perang diantaranya adalah 3 kapal penghancur, 5 corvet, 14
kapal selam, dan 66 kendaraan pertahanan pesisir.

Nah, itulah dia perbandingan kekuatan militer Israel dan Hamas.

 

 

More From: Menarik