4 Aturan Baru Penerimaan CPNS 2014


tak-ada-tes-lembar-jawaban-komputer-ljk-rev3

Palingseru.com – Penerimaan CPNS tahun 2014 ini ternyata mengalami aturan baru. Saat ini Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi terus bekerja menyiapkan seleksi CPNS tahun 2014.

Pemerintah mengatakan lowongan formasi CPNS rencananya akan diumumkan pada 11-24 Agustus 2014. Tahun ini pemerintah akan merekrut setidaknya 40.000 PNS dan 25.000 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang menjadi bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pemerintah diketahui telah mengumumkan aturan baru untuk penerimaan CPNS 2014, mulai dari porses pendaftaran hingga pengumuman hasil tes.

Nah, mau tau seperti apa aturan barunya? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Pendaftaran online terintegrasi

Aturan pertama pelamar CPNS hanya bisa mendaftar secara online melalui sat portal yaitu http://panselnas.menpan.go.id. Pelamar hanya cukup memasukan nomor KTP, kemudian nama dan email, setelah itu langsung memilih instansi yang di lamar. Kemudian, pelamar akan langsung dapat usernam dan password untuk membuka portal pendaftaran online SSCN BKN atau portal masing masing instansi yang dilamar.

2. Tidak ada tes lembar Jawaban Komputer

Setelah mendaftar pelamar akan melewati dua kali tes yaitu Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB). Namun tes tersebut tidak menggunakan lembar jawaban komputer atau LJK, karena semua  menggunakan sistem computer assisted test atau CAT.

3. Tidak butuh SKCK untuk mendaftar CPNS

Tahun ini peserta CPNS tidak perlu menggunakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), surat kesehatan dan kartu kuning. Semua berkas tersebut akan di minta setelah peserta lolos ke tahap selanjutnya. Dengan begini para peserta akan lebih hemat biaya.

4. Tak perlu kartu pencari kerja

Mulai dari SKCK, kartu kesehatan dan kartu kuning akan dihilangkan pada CPNS tahun ini, karena di anggap sangat merepotkan pelamar. Sedangkan merak belum tentu di terima. Oleh karena itu pemerintah memutuskan untuk menghilangkannya agar para pelamar lebih fokus pada tesnya saja.

Nah, itulah dia ke empat aturan baru penerimaan CPNS 2014.

 

 


Like it? Share with your friends!

5 shares