Ritual Aneh Mengasap Mayat di Papua Nugini


menguak-ritual-mengasap-mayat-di-papua-nugini

Palingseru.com – Di beberapa belahan dunia ini memang memiliki ritual aneh salah satunya ritual pemakaman mayat seperti ritual aneh mengasap mayat yang ada di suku Angga yang tinggal di dataran tinggi Morobe, Papua Nugini.

Suku Angga disana melakukan mumifikasi mayat dengan cara mengasap mayat yang telah meninggal tersebut sebelum di makamkan. Setelah mayat tersebut benar – benar terlihat hangus memerah , mayat tersebut lalu di simpan di atas tebing yang curam sehingga orang – orang di sana bisa melihat langsung dretan mayat yang telah diasapi itu.

mumi-di-papua-nugini-001-destriyana

Proses pengasapan mayat ini juga tidak sembarangan karena dilakukan dengan cermat dan seksama. Langkah – langkah mereka melakukan ritual aneh tersebut juga begitu tragis dan harus dilakukan secara berurutan.

Langkah pertama yang harus mereka lakukan dalam megasap mayat tersebut yakni lutut, siku, dan kaki mayat digorok, dan lemak di tubuh mayat dikeringkan sepenuhnya. Kemudian tiang bambu yang sudah dilubangi ditusukkan ke perut mayat, sehingga tetes demi tetes darah terus mengalir keluar. Tetesan darah itu kemudian dioleskan ke rambut dan kulit dari kerabat orang yang meninggal. Langkah pertama ini sepenuhnya mereka percaya bahwa dengan melakukan pengasapan mayat ini, kekuatan dari mayat tersebut akan ditransfer ke kerabat yang masih hidup. Sisa dari cairan yang keluar dari tubuh mayat akan disimpan untuk digunakan sebagai minyak goreng.

Kemudian langkah kedua yang harus mereka cermati yakni pada bagian mata, mulut, dan anus mayat akan dijahit. Langkah ini dipercaya dapat mengurangi udara yang masuk ke tubuh mayat, sehingga dapat mencegah terjadinya pembusukan.

Namun, padatahun 1975 saat Papua Nugini dinyatakan merdeka, ritual ini sempat di hentikan. Dan sampai saat ini diketahui ritual ini hampir punah karena sebagian kecil saja suku Angga yang masih melakukan ritual ini dan kebanyakan suku Angga disana sudah melakukan ritual modern dengan mengikuti penguburan mayat secara Kristen.

 

More From: Aneh Unik