5 Teleskop Raksasa ini Akan Ungkap Asal Usul Alam Semesta


teleskop-giant-magellan

Palingseru.com – Saat ini memang ada banyak sekali penemuan-penemuan yang menakjubkan. Seperti penemuan baru berupa teleskop raksasa yang katanya adakan mengungkap asal usul alam semesta secara jelas.

Teleskop-teleskop raksasa ini sudah banyak sekali di buat oleh para ilmuwan di dunia.

Untuk membangun teleskop raksasa tersebut pastinya membutuhkan usaha yang keras dan juga cara yang ekstrem, seperti meledakan gunung.

Bahkan untuk membangun teleskop raksasa ini para ilmuwan membutuhkan biaya yang sangat banyak, namun di katakan akan sepadan dengan hasil yang akan di dapat kelak.

Nah, mau tau teleskop raksasa seperti apa saja yang dapat mengungkap asal usul alam semesta? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Teleskop Thirty Meter

teleskop-thirty-meter

Teleskop Thirty Meter ini merupakan salah satu teleskop raksasa yang akan menungkap asal usul alam semesta. Teleskop yang berasal dari Hawaii, Amerika Serikat ini dikatakan akan mampu membuat antariksawan mampu mengamati lebih banyak objek langit yang berjarak sangat jauh dari galaksi Bimasakti. Dengan kemampuannya untuk menangkap cahaya lebih baik ketimbang teleskop raksasa lain. Teleskop ini memiliki diameter hingga 10 meter.

2. Teleskop E-ELTĀ 

teleskop-e-elt

Teleskop E-ELT ini merupakan teleskop terbesar di dunia. Teleskop yang di buat di sebuah gurun di negara Chile ini memiliki diameter 39 meter. Jika teleskop ini jadi tahun 2020 nanti, teleskop E-ELT ini akan menjadi teleskop terbesar di dunia. Bahkan di katakan teleskop ini mampu menangkap cahaya 13 kali lebih kuat ketimbang teleskop raksasa yang ada saat ini. Dengan begitu para ilmuwan yakin bahwamereka bisa mengungkap rahasia dibalik ‘dark energy’ atau energi tersembunyi yang dianggap mampu membuat alam semesta berkembang, termasuk proses evolusi yang terjadi pada galaksi-galaksi.

3. Teleskop James Webb Space (JWST)

teleskop-james-webb-space-jwst

Teleskop JWST ini merupakan teleskop yang dibuat dan di letakkan di luar angkasa. Teleskop ini akan di luncurkan oleh NASA pada tahun 2018. Teleskop JWST di buat untuk menganalisis proses awal terbentuknya alam semesta. Kemampuan ini diperkuat dengan cermin utama JWST yang lebih besar hingga 3 kali lipat ketimbang Hubble.

4. Teleskop Giant Magellan

teleskop-giant-magellan

Teleskop GiantĀ  Magellan ini di buat di atas puncak gunung di Las Campanas, Chile, yang sudah diledakkan sekitar dua tahun yang lalu. Teleskop Giant ini katakan teleskop yang dapat segera di gunakan, karena akan segera selesai pembuatan.

5. Teleskop LSST Chile

teleskop-lsst-chile

Teleskop LSST ini merupakan teleskop terkecil di banding teleskop lainnya. Namun, jangan salah, meskipun kecil teleskop ini memiliki kecepatan yang tak tertandingi. Teleskop LSST mampu melakukan pemindaian terhadap seluruh angkasa yang berada dalam jangkauannya hanya dalam waktu beberapa hari saja. Alhasil, dalam beberapa tahun, para ahli astronomi akan mendapatkan video-video tentang perubahan benda-benda langit yang terpantau oleh LSST.

Namun, sayangnya saat ini pembanguna teleskop LSST ini sedang di tunda karena beberapa masalah.

Itulah dia ke lima teleskop raksasa yang akan mengungkap asal usul alam semesta.

 


Like it? Share with your friends!