5 Cara Mencegah Malaria saat Musim Hujan


index

Palingseru.com – Di musim hujan sekarang ini, kondisi dingin dan tempat yang lebih lembab serta banyaknya genangan air ini membuat penyakit lebih cepat bermunculan. Salah satunya penyakit malaria yang lebih cepat menyerang di saat musim hujan seperti ini. Penyakit malaria ini bukanlah penyakit yang sepele , untuk itu di saat musim hujan ini kita harus melakukan bebrapa cara untuk mencegah penyakit malaria agar tidak menyerang tubuh kita.

Seperti yang dijelaskan di wikipedia jika penyakit malaria merupakan  penyakit yang disebabkan oleh parasit bernama Plasmodium yang dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi parasit tersebut . Di dalam tubuh manusia, parasit Plasmodium akan berkembang biak di organ hati kemudian menginfeksi sel darah merah yang akhirnya menyebabkan penderita mengalami gejala-gejala malaria seperti gejala pada penderita influenza, bila tidak diobati maka akan semakin parah dan dapat terjadi komplikasi yang berujung pada kematian .

Nah, untuk melakukan pencegahan agar tubuh kamu tidak terserang penyakit malaria di musim hujan , kamu dapat melakukan beberapa cara mencegah malaria saat musim hujan seperti yang dilansir dari Merdeka.com. Yuk, simak bersama :

1. Memenuhi cairan tubuh

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah malaria di musim hujan yakni dengan memenuhi cairan tubuh. Kamu harus lebih banyak minum air putih setiap hari agar tubuh kamu tetap lembab dan terhindar dari dehidrasi . Karena jika tubuh mengalami dehidrasi dan sulit mengeluarkan suhu panas tubuh membuat kamu lebih mudah terserang  malaria.

2. Hindari tempat kotor

Untuk mencegah kamu terserang penyakit malaria di musim hujan sebaiknya di waktu sore hari atau petang jangan keluar rumah dan hindari tempat – tempat kotor yang seringkali menjadi sarang nyamuk. Dan sebaiknya kamu harus bisa menjaga kebersihan dengan menguras bak mandi , menimbun sampah – sampah dan melakukan penyemprotan nyamuk malaria.

3. Jangan memakai warna gelap

Ketika musim hujan sebaiknya jangan gunakan pakaian yang berwarna gelap. Karena pakaian yang berwarna gelap lebih digemari nyamuk dibandingkan dengan pakaian yang berwarna terang.

4. Penolak nyamuk

Kulit jeruk dan levender adalah salah satu bahan alami yang tidak disukai nyamuk. Nah, sebaiknya di musim hujan ini simpanlah kulit jeruk atau lavender di tempat yang mudah terlewati nyamuk agar nyamuk malaria tidak masuk ke dalam rumah dan menggigit tubuh kamu.

5. Tempat sejuk

Salah satu kelemahan nyamuk malaria yaitu tidak tahan dengan suhu dingin. Dan sebaiknya jika banyak nyamuk diruangan kamu, kamu boleh menggunakan kias atau AC untuk mengusir nyamuk malaria di rumah.

Nah, itulah dia kelima cara mencegah Malaria saat musim hujan.


Like it? Share with your friends!