Tahukah Kamu Apa yang Terjadi Pada Tubuh Saat Sedang Panik


panik

Palingseru.com – Pernahkah kamu merasa panik ? panik merupakan salah satu perasaan ketakutan yang disertai dengan kekhawatiran dan biasanya ketika kita panik tubuh mengalami beberapa hal tanpa kita sadari. Namun, tahukah kamu apa yang terjadi pada tubuh saat sedang panik sehingga tubuh bisa langsung mengalami bebrapa gejala yang datang secara tiba – tiba.

Jika kamu pernah mengalami panik, mungkin saat ini yang sering kamu alami ketika panik tubuh menjadi lebih gemetaran dan dingin. Itu sangat sering kita alami ketika kita sedang panik.

Nah, seperti yang dilansir dari Jadiberita.com, inilah beberapa hal yang terjadi pada tubuh saat sedang panik.

1. Di Detik 0-1

Ketika kamu mengalami kepanikan di detik 0-1 , Mata dan tubuh akan segera mengidentifikasi gejala penyebab kepanikan, atau ketika kamu memilki phobia. Selanjutnya mata dan telinga akan mengirimkan sinyal “ancaman” pada amygdala, yakni bagian otak yang berkaitan dengan rasa takut. Sehingga rasa phobia kamu akan lebih kamu rasakan dan berusaha memeriksa apa yang membuat kamu phobia.

2. Detik 1-3

Ketika kamu panik pada detik 1-3 , Amydala akan memicu prefrontal cortex (yaitu bagian pusat logika otak) dan selanjutnya memberikan sinyal pada kelenjar adrenal untuk memproduksi hormon stres (adrenaline dan cortisol). Dalm kondisi seperti ini, tubuh kamu akan lebih dingi karena keringat mulai keluar dan jantung akan berdetak lebih cepat sehinga napas kamu akan terasa lebih berat. Selain itu, dibagian pupil mata kamu akan semakin melebar sehingga kamu akan lebih bisa melihat ancaman dengan jelas.

3. Detik 5

Setelah kamu bisa melihat ancaman dngan jelas, di detik ke 5 ini tubuh kamu mulai merasakan gejala nyeri akibat tubuh mulai mengeluarkan endorfin yakni pembunuh rasa nyeri yang dapat melindungi tubuh dari serangan fisik. Dan kebanyakan , di detik ke 5 ini tubuh seakan tak berdaya dan jatuh pingsan akibat naiknya tekanan darah.

4. Setelah Beberapa Menit

Setelah beberapa menit kamu masih saja mengalami panik. Salah satu cara mengatasinya dengan meninggalkan tempat yang membuat kamu panik . Saat kamu meninggalkan temapt tersebut ,  pada prefrontal cortex dan amygdala pun akan berhenti mengirim sinyal “ancaman” pada bagian logika otak sehingga hormon stres tidak diproduksi kembali sehingga kamu akan terasa lebih tenang.

Nah, itulah dia beberapa hal yang terjadi pada tubuh saat sedang panik.


Like it? Share with your friends!