5 Fakta Menarik Seputar Lidah Manusia


dddd

Palingseru.com – Lidah merupakan salah satu orgam tubuh yang berperan sebagai salah satu panca indera manusia. Lidah digunakan manusia untuk merasakan makanan yang di konsumsi.

Selain untuk merasakan rasa makanan, lidah juga berfungsi untuk berbicara, tanpa lidah seseorang tidak akan bisa berbicara.

Selain bentuknya yang menarik, lidah juga memiliki keunikan tersendiri yang harus kamu ketahui.

Nah, seperti apa ya keunikan dari lidah manusia? Seperti dilansir Merdeka.com, inilah dia ke lima fakta menarik tentang lidah manusia.

1. Sensitif dengan rasa

Lidah memiliki banyak benjolan kecil-kecil di permukaannya. Mungkin sebagian orang masih tidak tahu apa fungsi dari benjolan kecil-kecil tersebut. Oleh karena itu kamu harus tahu bahwa benjolan kecil itu di sebut dengan papila yang mengandung  reseptor rasa di setiap benjolan. Karena itulah lidah kamu sangat sensitif terhadap rasa.

2. Bisa merasa lima rasa

Lidah diketahui bisa merasakan banyak rasa, yang lebih umumnya ada lima yaitu manis, asem, asin, pahit dan umami atau gurih.

3. Bergenerasi

Harus kamu ketahui bahwa sel lidah kamu akan terus bergenerasi setiap 10 hari sampai 2 minggu. Setiap bergenerasi lidah akan berkembang dari sel basal menjadi sel rasa. Tapi, makanan yang panas, bisa mematikan sel tersebut, sehingga membuat lidah seperti terbakar.

4. Merokok menyebabkan indera perasa berkurang

Rokok tak hanya bisa menimbulkan penyakit organ penting saja seperti jantung dan paru-paru. Tetapi rokok juga bisa memperngaruhi indera perasa kamu yaitu lidah. Merokok dapat membuat indera perasa kamu menjadi kehilangan kesensitifannya, sehingga lidah akan sulit untuk merasa makanan lagi.

5. Merasakan berbagai macam rasa

Sebenarnya lidah tidak hanya bisa merasakan rasa asam, asin, manis, pahit, dan gurih saja. Tetapi lidah bisa merasakan berbagai macam rasa, namun yang lebih dirasakan lebih tajam dari lidah adalah ke lima rasa tersebut.

Nah, itulah dia ke lima fakta menarik tentang lidah manusia yang harus kamu ketahui.

 


Like it? Share with your friends!