5 Bagian Tubuh Manusia ini Dianggap Sebagai Sisa Evolusi


tulang-ekor-rev1

Palingseru.com – Kita pasti sudah mengenal betul tentang teori evolusi yang dilontarkan oleh Charles Darwin. Teori ini memang cukup kontroversial, dimana Charles Darwin mengatakan bahwa manusia merupakan makhluk yang berawat dari monyet.

Teori ini memang cukup sangat mengagetkan dan membuat banyak orang tidak percaya dengan teori ini. Tapi, tak bisa dipungkiri jika teori ini cukup bisa dipercaya.

Buktinya sampai saat ini banyak buku-buku pengetahuan yang masih mencantumkan teori evolusi Charles Darwin. Tak hanya itu, ada juga beberapa para ahli yang percaya dengan teori Darwin.

Selain itu, kamu juga bisa membuktikannya dengan beberapa bagian tubuh manusia yang dianggap sebagai sisa evolusi. Bagian-bagian tubuh ini ternyata memiliki fungsi sama seperti bagian tubuh makhluk lainnya.

Mau tau bagian tubuh apa saja yang dianggap sebagai sisa evolusi? Seperti dilansir Merdeka.com, berikut inilah dia ke lima bagian tubuh manusia yang dianggap sebagai sisa evolusi.

1. Usus buntu

Usus buntu merupakan bagian usus besar yang berbentuk kantung dan dianggap tidak memiliki fungsi apapun. Usus buntu ini merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang dikatakan oleh Darwin mengalami evolusi. Organ ini juga dikatakan dimiliki oleh makhluk hidup lainnya.

2. Tulang ekor

Selain usus buntu tulang ekor juga dikatakan mengalami evolusi. Hal ini diungkapkan oleh Darwin secara tidak langsung. Menurut Charles Darwin, dulunya manusia memiliki tulang ekor yang panjang, sama dengan tulang ekor monyet atau kera. Namun, semakin berkembangnya zaman membuat manusia mengubah cara pola hidupnya sehingga tulang ekornya pun semakin memendek sehingga tidak terlihat oleh mata.

3. DNA sampah

Di dalamĀ  DNA manusia terdapat banyak bagian DNA yang tidak berguna, DNA ini disebut DNA sampah. Dulunya DNA sampah ini berfungsi untuk mewarisi kemampuan menghasilkan enzim yang dapat membantu pencernaan vitamin C. Sedangkan DNA ini masih ada di hewan lain. Oleh karena itu, DNA sampah ini dianggap sebagai bagian tubuh yang mengalami evolusi.

4. GigiĀ  bungsu

Gigi bungsu merupakan gigi geraham terakhir yang tumbuh di ujung gigi geraham pada manusia. Tapi, menurut ahli gigi bungsu ini juga di miliki oleh manusia purba untuk mempermudahkan mereka mengunyah makanan. Namun, manusia mengalami evolusi, gigi bungsu tersebut juga mengalami evolusi di mana pertumbuhannya semakin menjorok ke dalam. Hal ini membuat gigi bungsu manusia di zaman modern tidak terlihat sama sekali.

5. Bulu kuduk

Bulu kuduk yang terletak pada bagian tengkuk belakang dan juga bagian lengan tangan juga merupakan bagian tubuh yang mengalami evolusi. Hal ini kit lihat saja pada hewan yang juga memilii bulu kuduk. Bulu kuduk pada hewan akan berdiri jika hewan tersebut merasa kedinginan atau ketakutan. Begitu juga manusia akan mengalami bulu kuduk berdiri tegak saat merasa kedinginan atau ketakutan. Hal ini membuktikan bahwa manusia memiliki hubungan kekerabatan dengan hewan lain.

Nah, itulah dia ke lima bagian tubuh manusia yang dianggap sebagai sisa evolusi.

 


Like it? Share with your friends!