Jenis Jenis Kanker yang Disebabkan Oleh Obesitas


nb

Palingseru.com – Tahukah kamu bahwa ternyata obesitas tak hanya bisa menyebabkan penyakit diabetas dan penyakit jantung saja, tetapi juga dapat menyebabkan berbagai jenis kanker yang berbahaya.

Pernyataan ini dibuktikan langsung oleh peneliti dari London School of Hygiene & Tropical Medicine dan Farr Institute of Health Informatics.

Obesitas atau kelebihan berat badan saat-saat ini memang sangat banyak dialami oleh orang-orang di dunia. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti kurangnya berolahraga dan juga makan-makanan yang tak sehat.

Namun, sayangnya banyak sekali orang yang mengalami kelebihan berat badan yang tinggi, tak menyadari jika dirinya dalam keadaan berbahaya.

Mungkin selama ini banyak orang yang mengira jika obesitas hanya bisa menyebabkan penyakit diabetes dan penyakit jantung saja. Tapi, ternyata obesitas juga bisa menyebabkan berbagai jenis kanker yang sangat berbahaya.

Seperti dilansir Merdeka.com, hal ini dibuktikan dengan melakukan penelitian pada 5,42 juta partisipan yang berusia 16 tahun.

Kemudian, peneliti mengikuti partisipan-partisipan tersebut selama tujuh tahun untuk melihat perkembangannya. Peneliti juga memeriksa jenis kanker dari beberapa faktor seperti usia, jenis kelamin, BMI, kebiasaan merokok, dan status ekonomi.

Alhasil, sebanyak 166.955 orang ternyata terkena satu dari 22 jenis kanker yang ada. Ternyata peningkatan berat bedan dapat menyebabkan beberapa jenis kanker berkembang didalam tubuh seperti kanker rahim (62 persen), kandung kemih (31 persen), ginjal (25 persen), serviks (10 persen), kanker tiroid (9 persen), dan leukemia (7 persen).

Selain itu, peningkatakan berat badan yang sangat tinggi juga bisa menyebabkan jenis kanker seperti kanker lever (19 persen), kanker usus besar (10 persen), kanker ovarium (9 persen), dan kanker payudara (5 persen).

Nah, oleh karena itu kamu sebaiknya lebih bisa menjaga pola hidup yang sehat, agar penyakit pun tidak datang ke tubuh kamu.

 

 


Like it? Share with your friends!