Kisah Mikrofon Bung Karno Ketika Bacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan


mikrofon_proklamasi

Palingseru.com – Mikrofon merupakan alat untuk pembesar suara yang banyak digunakan dalam acara-acara musik untuk bernyanyi. Tapi, tahukah kamu bagaimana sejarah mikrofon yang digunakan oleh Bung Karno ketika membacakan tesk Proklamasi Kemerdekaan ?

Ya, mungkin hanya sedikit orang saja yang mengetahuinya, oleh karena itu, kali ini kita akan bercerita tentang kisah mirkofon yang digunakan Bung Karno saat membacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan.

Mikrofon tersebut merupakan milik Gunawan yang saat itu berprofesi sebagai pemilik Radio Satrija yang tinggal di Jalan Salemba Tengah 24, Jakarta.

Mikrofon tersebut bukan merupakan ciptaan Jepang yang gunawan ambil, tapi merupakan ciptaan orang Indonesia yaitu Gunawan sendiri yang sangat kreatif dan cerdas sehingga bisa membuat mikrofon tersebut.

Semua bagian dari mikrofon tersebut dibuat sendiri oleg Gunawan. Karena kecerdasan Gunawan Bung Karno bisa mengumumkan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di rumahnya, Jl Pegangsaan Timur No. 56, dengan didampingi Mohammad Hatta.

Karena mirkofon tersebut, semua orang bisa mendengar Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Seperti dilansir Liputan6.com, Mikrofon tersebut dipinjam oleh Wilopo dan Nyonoprawoto dari  Gunawan pada 17 Agustus 1945, tepatnya di pagi hari.

Awalnya mereka tak mengatakan pada Gunawan untuk apa mikrofon tersebut dipinjam. Kemudian,  ditengah perjalanan Wilopo dan Nyonoprawoto baru mengatakan pada seorang pemuda yang ikut bersamanya untuk memasang mikrofon tersebut.

Kini mikrofon itu diminta untuk Sekjen Kementerian Penerangan Harjoto untuk disimpan di Monumen Nasional (Monas).

 

 


Like it? Share with your friends!