4 Daerah Ini Kerbau dijadikan Hewan Keramat


kerbau-bagi-masyarakat-toraja-rev4

Palingseru.com – Kerbau menjadi salah satu hewan yang dipercaya memilik banyak kemampuan sehingga pantas dijadikan sebagai hewan dalam adat budaya. Beberapa daerah menjadikan kerbau ini sebagai hewan keramat yang digunakan dalam ritual adat istiadat di sana.

Karena bukan hanya menjadi hewan peliharaan , sehingga kerbau ini menjadi salah satu hewan yang bisa membuat hidup daerahnya lebih maju dengan keyakinan dan kepercayaan di daerah masing – masing.

Seperti yang dilansir dari merdeka.com, ini dia 4 daerah yang menjadikan kerbau sebagai hewan keramat.

1. Minangkabau

Mingakabau menjadi salahs atu daerah yang menjadikan kerbau sebagai hewan keramat. Di sana kerbau ini dijadikan sebagai menjadi sejarah terlahirnya nama “Minangkabau” yang memiliki arti jika “Minang” adalah kemenangan sedangkan “Kabau” adalah kerbau. Jadi Minangkabau artinya “kemenangan kerbau”.

Minangkabau yang merupakan daerah yang terletak di Sumatera Barat ini memiliki kisah cerita yang melibatkan kerbau seprti kisah peperangan rakyat Sumatera Barat melawan kerajaan besar dari Jawa yang dimana pada saat itu Sumatera Barat menang berkat bantuan kerbau. Hingga saat ini suku Minangkabau selalu menjunjung tinggi adat budayanya dengan bertemakan kerbau seperti contoh rumah adat Begonjong dan hiasan pernikahan yang memiliki bentuk seperti tanduk kerbau.

2. Kerbau Bagi Masyarakat Toraja

Bagi masyrakat di Toraja ini juga menjadikan hewan kerbau sebagai hewan keramat yang tak lepas dari adat istiadat mereka disana. Jika di Toraja ini kerbau dijadikan sebagaiĀ  alat transaksi dalam usaha pertanian atau ritual budaya masyarakat ketika mengadakan pesta atau dalam praktik keagamaan. Bagi masyarakat Toraja kerbau merupakan hewan yang bernilai tinggi karena menyimpan banyak kemampuan untuk kemajuan daerahnya.

3. Kerbau Dungkul di Banten

Di daerah Banten, kerbau juga dijadikan sebagai hewan keramat . Disana masyarakat menjadikan kerbau ini sebagai Kerbau Dungkul yang artinya lambang status sosial masyarakat yang bisa dijadikan sebagai mas kawin saat pesta pernikahan. Kerbau Dungkul ini merupakan kerbau yang memiliki ciri tanduk melingkar dan kedua ujungnya bertemu simetris di bagian bawah leher.

4. Kerbau Kiai Slamet di Keraton Solo

Kerbau Kiai Slamet milik Keraton Surakarta ini juga merupakan hewan keramat yang dijadikan sebagai hewan pusaka milik keraton. Kerbau ini merupakan kerbau n kesayangan Paku Buwana (sawargi) yang setiap malam 1 suro kerbau ini harus di diarak keliling benteng keraton (kirab pusaka). Ceritanya, kerbau itu adalah hadiah dari Bupati Ponorogo kepada Paku Buwono II, yang diperuntukkan sebagai cucuk lampah (pengawal) dari sebuah pusaka keraton yang bernama Kiai Slamet, sehingga sampai saat ini dinamakan Kerbau Kiai Slamet.

Nah, itulah dia keempat daerah yang menjadikan kerbau sebagai hewan keramat.

 

More From: Menarik