Motor Ternyata Juga Bisa Jalan di Atas Air Juga Lho


Selama ini yang bisa jalan di atas air adlah kapal laut namun apa kamu pernah berpikir jika motor biasa juga bisa jalan di atar air, sepertinya tidak mungkin ya ada motor yang bisa jalan di atas air.

Di Amerika Serikat ada program televisi terpopuler yang membuat acara unik mana sebuah sepeda motor dapat berjalan di atas air. Dalam acara ini meperlihatkan jika motor biasa berjalan mulus di atas air tanpa modifikasi tambahan pelampung. Tapi untuk melakukan aksi tersebut bukanlah perkara mudah. Pasalnya, agar bisa terlihat melayang di atas permukaan, dibutuhkan momentum yang tepat, yaitu motor harus dipacu dengan sangat cepat sebelum menyentuh permukaan air, yang disebut dengan Hydroplaning.

Hydroplaning adalah kondisi yang terjadi saat air terakumulasi pada ban suatu kendaraan. Pada dasarnya permukaan ban selalu dapat menapak pada permukaan jalan karena menahan bobot kendaraan. Jika kendaraan dikendarai dengan kecepatan tertentu, maka tekanan ban pada jalan akan berkurang. Di sisi lain, air meskipun terlihat sangat encer namun memiliki viskositas (kekentalan) tertentu sehingga membutuhkan waktu untuk mengalir atau berpindah tempat sekalipun mendapatkan tekanan yang cukup besar (sebesar bobot sebuah kendaraan tersebut). Jika motor melaju dengan kecepatan tertentu maka sebagian air yang tidak sempat dipindahkan oleh permukaan ban akan tetap tertahan di bawah ban membentuk lapisan tipis tetapi cukup untuk menahan permukaan ban motor, sehingga motor dapat bertahan di permukaan

Nah penasaran seperti apa silahkan lihat Videonya.


Like it? Share with your friends!

5 shares