5 Hal Konyol Yang Akan Terjadi Ketika Kurang Tidur


Kurang-tidur

Palingseru.com – Ketika kamu kurang tidur maka hal hal aneh akan terjadi dalam diri kamu termaksud hal hal konyol berikut ini kamu mau tahu seperti apa?

Seperti yang kita ketahui jika kurang tidur maka masalah kesehatan akan terjadi pada tubuh kita hal ini terjadi karena kurang tidur akan membuat tubuh menjadi tidak fit yang berdampak pada hilangnya konsentrasi sehingga akan menggagu aktifitas. Selain bisa menggangu kesehatan ternyata kurang tidur pun bisa menimbulkan hal hal konyol mau tahu apa saja itu? simak berikut ini:

1. Memikirkan sesuatu yang tidak pernah terjadi

Menurut penelitian dari University of California, Irvine, setelah malamnya tidak tidur, para responden kebanyakan memberi informasi yang salah ketika mereka disodorkan beberapa foto. Padahal, sebelumnya mereka sudah diberi tahu tentang informasi tersebut.

“Memori kita berhubungan dengan kode yang disimpan ketika otak mendapat informasi. Tetapi, ketika kurang tidur, otak bisa menciptakan pengalaman atau memori kita yang pada dasarnya memiliki distorsi di lain waktu,” tutur ketua penelitian Steven Frends Ph.D.

2. Sering melakukan pelanggaran


Peneliti di University of North California di Chapel Hill menemukan bahwa seseorang yang kurang tidur cenderung termotivasi untuk melakukan pelanggaran. Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan kepada beberapa perawat di Chapel Hill.

Perawat yang tidur kurang dari enam jam cenderung menyembunyikan data pasien dan melakukan prosedur yang tidak sesuai aturan. Peneliti belum bisa memastikan apa yang menyebabkan hal ini terjadi. Tetapi mereka berasumsi kurang tidur bisa membuat Anda sulit mengatur emosi dan perilaku. Akibatnya, seseorang lebih mungkin mengambil keputusan destruktif.

3. Kualitas sperma menurun


Pada pria, kurang tidur atau sering terganggu bisa memengaruhi sperma mereka. Sebab, studi di Denmark mengatakan pria yang kurang tidur atau memiliki kualitas tidur tidak baik, kualitas spermanya 25% lebih rendah dibanding pria yang mendapat tidur cukup.

Mereka juga dilaporkan memiliki sperma dengan ukuran, bentuk, dan gerakan normal yang lebih sedikit. Menurut para peneliti, kurangnya waktu tidur bisa berdampak pada ritme testosteron yang memengaruhi kualitas semen pada pria.

4. Tak terlalu pilih-pilih sesuatu


Biasanya seseorang akan melakukan pertimbangan ketika ia harus memilih sesuatu. Tetapi, bagi orang yang kurang tidur, mereka cenderung lebih gampangan alias tidak mempertimbangkan apa yang mereka pilih.

Studi di Hendrix College menemukan pria yang kurang tidur mau-mau saja ketika ditawari untuk tidur dengan wanita-wanita yang ada di foto. Tetapi, mereka yang cukup tidur akan lebih selektif ketika ditawari foto tersebut.

“Kami pikir itu berhubungan dengan pusat reward di otak dan menurunnya aktivitas di lobus frontal. Ketika kemampuan kognitif terganggu akibat kurang tidur, Anda jadi tidak pilih-pilih. Hal ini juga berlaku ketika Anda memilih baju, makanan, dan keputusan lainnya,” terang ketua peneliti Jennifer Peszka Ph.D.

5. Ugal-ugalan saat menyetir


Ugal-ugalan saat menyetir bisa terjadi ketika seseorang mabuk. Tetapi, peneliti dari Australia menemukan orang dengan kadar alkohol dalam darah 0,03 dan tidak tidur selama 21 jam lebihburuk perilaku menyetirnya ketimbang mereka yang memiliki kadar alkohol lebih tinggi dalam darahnya.

“Berarti ada risiko ganda ketika seseorang minum alkohol ditambah ia kurang tidur, kemungkinan ugal-ugalan membawa kendaraan juga lebih besar,” kata pakar neurosains Sigrid Veasey dari University of Pennsylvania.

 

More From: Sehat