7 Penyebab Payudara Kamu Sakit Selain Kanker


menggunakan-bra-yang-salah

Palingseru.com – Payudara merupakan aset penting dari tubuh wanita yang memang mudah terserang penyakit berbahaya seperti kanker payudara. Namun, masih banyak orang yang salah mengartikan rasa sakit payudara secara tiba-tiba.

Banyak wanita menganggap bahwa rasa sakit tersebut disebabkan oleh kanker payudara. Namun, sebenarnya tak selamanya rasa sakit itu disebabkan oleh kanker. Bisa juga rasa sakit itu disebabkan oleh hal lain selain kanker.

Nah, ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebab sakitnya payudara kamu selain kanker.

Mau tau apa saja penyebabnya? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. PMS

Rasa sakit pada payudara juga bisa disebabkan oleh PMS atau pre-menstrual syndrome. PMS ini muncul saat wanita menstruasi. Saat-saat ini payudara wanita akan lebih sensitif dari biasanya dan akan terasa sangat sakit. Hal ini pastinya sudah sangat dipahami oleh wanita, karena hampir setiap wanita akan merasakan hal ini ketika menstruasi.

2. Berolahraga berlebihan

Berolahraga terlalu berlebihan juga bisa menjadi penyebab rasa sakit pada payudara wanita. Hal ini dikarenakan bukan payudaranya yang terasa sakit, tetapi otot dibawah jaringan payudaralah yang terasa sakit.

3. Mengangkat barang berat

Mengangkat barang yang berat juga bisa menyebabkan rasa sakit pada payudara. Sama halnya dengan berolahraga berlebihan, mengangkat barang berat juga bisa membuat otot bagian bawah payudara menjadi menegang sehingga menimbulkan rasa sakit hingga ke payudara.

4. Menggunakan bra yang salah

Menggunakan bra ternyata juga harus sangat diperhatikan, karena jika salah menggunakan bra dapat membuat payudara akan terasa sakit. Misalnya menggunakan  bra yang terlalu kecil, dapat membuat payudara tersiksa sehingga menimbulkan rasa sakit. Begitu juga menggunakan bra yang terlalu besar dapat membuat payudara bergerak bebas dan membuatnya akan terasa sakit.

5. Tidak menggunakan bra olahraga

Olahraga memang sangat baik untuk kesehatan tubuh, namun kamu harus perlu memperhatikan pakaian olahraga dengan tepat. Salah satuya adalah bra olahraga yang jika tidak digunakan pada saat berolahraga dapat membuat payudara terasa sangat sakit, karena otot-otot tubuh yang bergerak dan membuatnya menegang.

6. Jaringan payudara tertentu

Setiap wanita memiliki jaringan payudara tertentu. Jaringan payudara yang biasanya bisa menyebabkan rasa sakit adalah jaringan payudara fibrocystic yang berbentuk benjolan berisi cairan. Jaringan ini dapat membuat payudara lebih menjadi sensitif saat datang bulan atau menstruasi sehingga wanita akan merasakan sakit yang luar biasa saat menstruasi.

7. Minum kopi dan teh terlalu banyak

Menurut hasil penelitian, wanita yang terlalu banyak minum kopi dan teh ternyata bisa membuat payudara terasa sakit. Memang hal yang satu ini tidak dapat membuktikan secara langsung, tapi jika payudara kamu terasa sakit, dan kamu sangat sering minum kopi dan teh, itu berarti kopi dan teh lah yang menjadi penyebabnya.

Nah, itu dia ke tujuh penyebab rasa sakit pada payudara. Jadi, kamu jangan terlalu khawatir dengan hal ini, karena tak selamanya rasa sakit pada payudara disebabkan oleh kanker.

 

More From: Sehat