Ikan Lele ini Bisa Jalan Setelah 8 bulan Hidup di Darat


ika

Palingseru.com – Sebuah ikan identik dengan kehidupan di dalam air, namun tidak dengan ikan lele yang satu ini . Ikan lele yang dijadikan sebagai bahan penelitian oleh McGill University ini bisa berjalan setelah 8 bulan hidup di darat.

Tiga peneliti dari McGill University. ini memang sengaja melakukan penelitian tantang perubahan perilaku dan fisiologis pada ikan. Dan untuk mewujudkan penelitiannya tersebut, mereka menjadikan ikan lele ini sebagai sampel utamanya.

Penelitian yang dilakukan bagaimana fisiologi ikan jika hidup di daratan dengan waktu yang lama ini memiliki tujuan sendiri yakni untuk membuktikan salah satu teori dalam evolusi jika hewan darat mulanya adalah hewan laut yang bermigrasi dan berevolusi sejak 400 juta tahun yang lalu.

Penelitian tersebut dilakukan dengan mengambil 111 sampel Polypterus senegalus yaitu spesies ikan yang berjalan. Kemudian ikan – ikan ini dipelihara dalam lingkungan daratan yang terdiri dari kerikil dengan lantai jala dan air setinggi 3 milimeter untuk mencegah ikan mengalami kekeringan.

Peneliti juga mengambil 38 sampel ikan lain yang hidup di air guna dijadikan perbandingan dalam melihat perbedaan fisiologis dan perilaku dengan ikan yang hidup di daratan.

Setelah penelitian itu berlangsung selama sembilan bulan, disimpulkan bahwa  20 ikan yang dibesarkan di darat dan 10 yang dibesarkan di air mengalami banyak perbedaan. Jika ikan yang dipelihara di lingkungan darat mengalami perubahan cara berjalan dan perubahan kerangka pada tubuhnya yaitu diketahui jika tulang selangka berubah lebih memanjang untuk mendukung ikan tersebut bisa berjalan di daratan. Sementara ikan yang hidup di air tidak mengalami perubahan fisiologis.

“Ikan yang dipelihara di darat bergerak dengan lebih efektif. Mereka meletakkan kakinya lebih dekat ke bagian tengah, mereka mengangkat kepalanya ke atas lebih tinggi, dan lebih jarang tergelincir,” urai Standen seperti yang dilansir dari kompas.com (24/09/2014).

Dan penelitian inilah dikatakan telah berhasil untuk membuktikan sediktinya proses evolusi pada 400 jutaan tahun yang lalu.

More From: Aneh Unik