Bahaya Bangun Tidur Langsung Minum Kopi


dsdfgh

Palingseru.com – Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak sekali digemari oleh orang-orang baik lelaki maupun perempuan. Bagi mereka yang merupakan pecinta kopi pastinya tidak akan pernah meninggalkan minuman yang satu ini  walau satu hari, karena tidak minum kopi dalam sehari akan membuat hari mereka serasa tidak lengkap.

Seperti dilansir Merdeka.com, kopi diketahui sebagai minuman yang berbahaya untuk kesehatan tubuh, karena mengandung banyak kafein yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Tapi, jangan salah, kopi juga mengandung manfaat yang baik untuk tubuh, seperti mencegah diabetes, memberi asupan antioksidan, meningkatkan energi, menurunkan risiko kanker lever, mulut, dan kulit. Manfaat kopi tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Namun, perlu kamu perhatikan bahwa tidak boleh mengonsumsi kopi pada waktu bangun tidur. Kebanyakan orang biasanya meminum kopi saat mereka bangun tidur. Hal ini sebenarnya tidak baik dilakukan, karena pada saat bangu tidur tubuh akan memproduksi dan mengeluarkan hormon yang disebut hormon cortisol (hormon stres). Hormon ini merupakan hormon peningkat energi alami yang dihasilkan oleh tubuh.

Jika kamu minum kopi pada saat hormon tersebut di produksi, pastinya akan sia-sia kandungan kopi yang kamu minum tersebut, karena tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Sedangkan jika kamu mengonsumsi kopi pada saati satu setengah jam setelah bangun tidur, hormon cortisol tersebut sudah mulai menurun dan sangat baik untuk kamu menambah energi untuk semangat kamu dengan meminum kopi.

Selain ini ada lagi waktu yang tepat untuk mengonsumsi kopi yaitu pada saat siang hari sekitar jam setengah dua sampai dengan jam lima. Waktu-waktu ini sangat penting untuk menambah energi tubuh kamu yang sudah mulai menurun.

Tak hanya itu, waktu minum kopi pada siang hari ini juga dapat menghindari kamu dari penyakit insomnia atau susah tidur. Karena jarak tidur dengan waktu kamu minum kopi masih lama.

Namun, usahakan untuk tidak mengonsumsi pada malam hari karena dapat membuat kamu susah tidur.

 

More From: Sehat