5 Hal Yang Akan Terjadi Pada Tubuh Kamu ketika Tidak Sarapan


6-hal-yang-terjadi-pada-tubuh-ketika-tidak-sarapan

Palingseru.com – Sarapan merupakan hal yang sangat penting yang harus dilakukan oleh semua orang. Namun, banyak sekali orang-orang yang melupakan sarapan pagi ini saat mereka mulai bangun kesiangan.

Saking seringnya dilakukan setiap hari, membuat sebagian orang menjadikan hal ini sebagai kebiasaan untuk tidak sarapan saat ingin melakukan berbagai aktivitas di pagi hari.

Namun, tahukah kamu apa yang akan terjadi pada tubuh kamu ketika kamu tidak sarapan?

Mungkin, sebagian orang akan merasa biasa-biasa saja ketika tidak sarapan pagi, tapi tanpa disadari hal ini membuat tubuh menjadi tidak sehat dan menjadi penyebab banyak masalah pada tubuh.

Nah, mau tau apa saja yang akan terjadi pada tubuh kamu ketika kamu tidak sarapan? Yuk, langsung saja kita simak ulasanya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Kelelahan

Dampak yang pertama adalah kelelahan. Saat kita tidak sarapan di pagi hari, tidak ada energi yang masuk dalam tubuh kita. Sehingga hal tersebut akan memperlambat sistem metabolisme, dan akan membuat tubuh kita mudah merasa lelah. Namun, pada jika kita sarapan kita akan punya energi yang cukup untuk menjalankan runitinas kita , kita merasa lebih berenergi , daya konsentrasi kita pun meningkat dan kita tidak akan mudah merasa lelah.

2. Mempengaruhi hormon kamu

Fungsi hormon dalam tubuh sangat penting, yaitu salah satunya adalah membantu proses metabolisme dalam tubuh. Ketika kamu melewatkan sarapan, maka hormon pada tubuh kamu pun bisa terpengaruh. Perubahan hormonal ini bisa meningkatkan produksi hormon kortisol yang bisa membuat kamu cepat stres. Perubahan hormonal juga dapat menyebabkan masalah pada gula darah dan berat badan, karena adanya pengaruh insulin yang meningkat.

3. Terjadi penyimpanan lemak dalam tubuh

Ketika kita tidak sarapan akan terjadi penyimpanan lemak dalam tubuh, hal tersebut di karenakan sistem tubuh tidak berjalan dengan lancar. Selain itu ketika kita tidak sarapan tubuh kita akan berfikir bahwa kita sedang kelaparan, hal itu membuat tubuh mulai menyimpan lemak dari makan malam sebelumnya.

4. Mempengaruhi suasana hati

Tidak sarapan di pagi hari juga dapat mempengaruhi suasana hati kamu lho. Saat tidak sarapan, kamu akan merasa lapar dan membuat kamu selalu memikirkan perut kamu yang terasa kosong tersebut, sehingga hal ini membuat kamu akan kesulitan untuk berkonsentrasi dengan baik. Tak hanya itu, rasa lapar tersebut juga akan membuat kamu mudah merasa kesal, lemas, dan marah.

5. Memicu keinginan untuk makan berlebihan

Ketika kamu melewatkan sarapan, dan kamu memiliki rutinitas yang padat, otomatis kamu akan menunggu jam makan berikutnya. Saat tiba waktu makan berikutnya dengan rasa lapar yang sangat mengganggu ,Kamu akan berfikir untuk makan dalam jumlah yang banyak atau berlebihan, ataupun untuk mengganjal rasa lapar tersebut Kamu mengkonsumsi cemilan-cemilan yang tidak sehat, hal tersebut tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Nah, itulah dia ke lima hal yang akan terjadi pada saat kamu tidak sarapan pagi.

 

More From: Sehat