5 Fakta Menarik Virus Ebola Yang Perlu Kamu Ketahui


dhghjkjl'

Palingseru.com – Virus Ebola merupakan salah satu virus yang sangat mematikan. Virus ini awalnya hanya menyerang warga Afrika saja, tapi saat ini virus Ebola ini sudah menyerang orang-orang diluar Afrika. Korban yang terserang virus Ebola ini merupakan orang-orang yang  bekerja dikawasan Afrika Barat.

Saat ini tercatat sudah sebanyak 8.376 orang terjangkit virus Ebola dengan 4.024 di antaranya sudah meninggal dunia. Dari data tersebut dapat dikatakan jika virus Ebola ini sudah semakin menyebar luas.

Nah, untuk itu kita harus berwaspada dengan virus yang satu ini. Agar kita tidak termasuk salah seorang yang terjangkit virus mematikan ini.

Lalu, seperti apa sih virus Ebola ini? Dari pada penasaran, yuk langsung saja kita simak fakta-fakta virus Ebola yang berikut ini, seperti dilansir KapanLagi.com.

1. Wabah Tersebar

Virus Ebola merupakan wabah terbesar di dunia. Wabah ini sudah menjangkiti beberapa wilayah di Afrika yaitu Sierra Leone, Guinea, Liberia dan Nigeria. Dalam waktu setengah tahun, virus ini sudah dapat menyerang lebih dari delapan ribu orang di kawasan tersebut.

2. Ebola Menular

Virus Ebola ini merupakan virus yang menular. Menularnya virus ini dengan cara terkena cairan yang keluar dari dalam tubuh si penderita. Misalnya, ada penderita Ebola yang muntah atau bahkan tubuhnya berdarah, lalu mengenai kontak mata, hidung dan mulut kamu, maka kamu akan tertular virus tersebut. Oleh karena itu, orang yang menguburkan saudaranya yang merupakan penderita Ebola akan sangat berisiko tertular Ebola sangat tinggi.

3. Gejala awal

Gejala awal virus Ebola akan tampak setelah 8-10 hari orang yang memang benar-benar tertular virus ini. Awalnya akan tumbuh gejala seperti pusing, demam dan nyeri, dan muncul ruam-ruam di seluruh tubuh yang diikuti dengan diare dan muntah-muntah. Bahkan jiak sudah parah, penderita Ebola ini akan dapat megeluarkan darah dari kulit, mata, hidung dan mulut mereka. Sehingga penderita akan meninggal dengan kondisi yang mengenaskan.

4. Awalnya dari mana sih?

Konon katanya virus yang ditemukan pada tahun 1976 ini ternyata disebabkan oleh hewan kelelawar yang meninggalkan air liurnya ketaka memakan buah-buahan, lalu manusia memakan buah-buahan yang sudah terkontaminasi dengan air liur kelelawar. Kemudian, dugaan ini semakin diperkuat dengan kebiasaan orang-orang disana berburu kelelawar.

5. Belum ditemukan obatnya

Virus yang mematikan ini ternyata juga belum ditemukan obatnya. Selama ini dokter hanya merawat pasien dengan menggunakan obat-obatan yang dapat membuat tekanan darah penderita menjadi tetap normal. Oleh karena itu sebaiknya kamu harus melakuka pencegahan sejak dini sebelum tertular penyakit ini.

Nah, itulah dia ke lima fakta-fakta tentang virus Ebola yang harus kamu ketahui.

 


Like it? Share with your friends!