Mengonsumsi Susu Tak Selalu Dapat Memperkuat Tulang ?


hgjj

Palingseru.com – Selama ini susu dianggap sebagai sumber kalsium yang sangat baik. Susu dipercaya dapat memenuhi kebutuhan tubuh terhadap kalsium dan dapat memperkuat tulang.

Semua orang memenuhi kebutuhan tubuh terhadap kalsium,  dengan mengonsumsi susu sebanyak mungkin. Namun ternyata mengonsumsi susu terlalu banyak dapat membuat tulang menjadi lebih berisiko mengalami kerusakan dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi susu sedikit atau tidak sama sekali.

Menurut hasil penelitian, wanita yang minum susu lebih dari 3 gelas  dalam sehari memiliki resiko mengalami patah tulang lebih tinggi dibandingkan dengan  orang-orang yang minum susu lebih sedikit atau tidak sama sekali.

Tapi, penelitian tersebut tidak boleh dijadikan acuan bahwa mengonsumsi susu terlalu banyak dapat menyebabkan patah tulang. Karena, ada faktor lain yang dapat menyebabkan patah tulang ini, seperti alkohol.

“Faktor-faktor lain seperti alkohol kemungkinan besar berperan,” kata para ahli.

Alkohol merupakan zat yang dapat menghambat penyerapan vitamin, mineral, kalsium serta zat-zat lainnya. Hasil ini diambil dari pengamatan terhadap 61 ribu  wanita dari tahun 1987-1990.

 


Like it? Share with your friends!