5 Janji Susi Pujiastuti ketika Terpilih Jadi Menteri Kelautan dan Perikanan


susi

Palingseru.com – Susi Pujiastuti ini merupakan salah seorang wanita asal Pangandaran, Jawa Barat yang merupakan Susi air dan kini dipercaya oleh Presiden Jokowi untuk dipilih sebagai menteri kelautan dan perikanan. Susi Pujiastuti ini resmi dilantik pada Senin (20/10) dengan mengungkapkan beberapa janji suri.

Menurut Jokowi Indonesia sangat membutuhkan sosok seperti Puji Astuti ini. Dengan gaya penampilan dan cara bicara yang apa adanya, menyita banyak perhatian masyarakat dengan janji Surinya yang mencengangkan itu.

Seperti yang dilansir dari merdeka.com, inilah dia 5 janji Susi Pujiastuti ketika terpilih jadi menteri kelautan dan perikanan.

1. Gaji Rp 15 Juta diberikan Kepada Nelayan

Saat bertemu dengan para pelayanan di tempat Pelelangan Ikan Pangandaran , Jawa Barat pada Sabtu (1/11) kemarin, Susi mengatakan janjinya jika gajinya sebagai menteri sebesar Rp 15 juta ini akan disumbangkan kepada para nelayan nantinya.

” Saya akan memberikan asuransi untuk para nelayan yang sudah tidak bisa melaut, yang tua-tua, dari gaji menteri saya sekarang,” kata Menteri Susi .

2. Ubah aturan soal Niaga kelautan dan pelabuhan

Menteri Susi ini juga mengungkapkan jika dirinya telah mendapat izin dari Jokowi untuk mengubah aturan sooal niaga kelautan dan pelabuhan terkait dengan tarif perkapalan.

“PP bongkar muat kapal di tengah peraturan menteri di tengah laut, terus minta menko ubah tarif perkapalan izin tangkap,” Kata Susi.

3. Cabut Subsidi Industri Perikanan

Janji Susi Pujiastuti ketika terpilih menjadi menteri kelautan dan perikanan juga salah satunya jika dirinya akan mencabut subsidi BBM yang selama ini dinikmati pelaku industri perikanan yang mengakibatkan merugikan negara. Dia mengatakan jika negara menghabiskan Rp 11,5 triliun untuk subsidi sektor perikanan dan tidak sebanding dengan pendapatan negara bukan pajak (PNBP) dari izin kapal yang hanya Rp 300 miliar dalam satu tahun.

“Bicara soal target, at least my target in 5 years is that the goverment doesn’t have to subsidized the fishing industry (target saya dalam lima tahun, pemerintah tak beri subsidi untuk industri perikanan),” ucap Susi saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat (31/12) dilansir dari merdeka.com.

4. Bongkar Kebobrokan Alat Pemantau Kapal

Susi Pujiastuti juga berjanji jika dirinya akan mebongkar kebobrokan alat pemantau kapal yang kini merusak lingkungan akibat tidak ada pemantauan secara serius. Susi akan melakukan pembaharuan alat pemantau kapal itu dengan menggunakan teknologi satelit iridium untuk memantau kapal yang berlayar meski tidak menyalakan pemancar.

“Saya menginginkan satelit pakai iridium, jadi tidak ada blank spot. Di mana saja di bumi iridium bisa detect,” ujarnya.

5. Usir Negara Nakal

Dalam konferensi pers di Kantornya, Jakarta, Jumat (31/10) , Susi mengungkapkan janjinya jika dirinya akan memberikan penekanan dan memperhatikan aspek kelestarian lingkungan untuk mengusir negara nakal yang bertujuan merugikan Indonesia.

Negara tidak mau ikut aturan sustain lingkungan silakan get out, you can not fish in our water,” ucap Susi.

Nah, itulah dia kelima janji Suci Pujiastuti ketika terpilih jadi Menteri Kelautan  dan Perikanan .

 


Like it? Share with your friends!