Tahukah Kamu Kenapa Pembuluh Darah Terlihat Biru


vena tangan

Palingseru.com – Pernahkah kamu berfikir kenapa darah yang pada umumnya terlihat berwarna merah tetapi jika di dalam kulit tubuh pembuluh darah itu malah terlihat biru. Hal ini menjadi salah satu bahan penelitian yang telah diungkapkan oleh Dr Karl S. Kruszelnicki dari University of Sydney .

Dari hasilnya, terdapat beberapa alasan kenapa pembuluh darah terlihat biru . Dr Karl S. Kruszelnicki dari University of Sydney mengatakan jika darah yang dipompa oleh jantung ke penjuru tubuh sejatinya berwarna merah seperti warna buah ceri karena mengandung oksigen. Namun, akibat sesampainya di jaringan, darah melepas oksigen. Dalam perjalanan kembali ke jantung, darah juga menyedot karbondioksida sehingga warnanya berubah menjadi merah gelap.

Selain itu, Dr Karl S. Kruszelnicki juga mengatakan jika masih banyak lagi alasan kenapa pembuluh darah terlihat biru agar kamu mengetahui. Seperti yang dilansir dari detik.com, inilah dia diantaranya :

1. Interaksi antara cahaya dengan kulit

Salah satu alasan kenapa pembuluh darah terlihat biru ini juga karena interaksi antara cahaya dengan kulit yang kemudian akan memantulkan sedikit warna merah ke luar. Sebaliknya, warna yang banyak ia pantulkan adalah biru.

2. Jumlah oksigen yang dikandung darah

Jumlah oksigen yang dikandung darah juga mempengaruhi kenapa pembuluh darah berwarna biru. Jumlah oksigen ila terisi penuh, satu molekul hemoglobin dapat menampung 4 molekul oksigen, tapi dalam kondisi tertentu seperti di bawah temperatur tinggi atau berada dalam lingkungan yang asam, maka oksigen ini tadi bisa meninggalkan hemoglobinnya yang membuat warna darah pun berubah menjadi lebih gelap, atau merah gelap sehingga lebih terlihat biru oleh mata.

3. Diameter dan letak pembuluh darah di dalam kulit

Diameter letak pembuluh darah di dalam kulit juga mempengaruhi kenapa pembuluh darah berwarna biru. Hal ini dikeranakan makin dalam letak pembuluh darah yang etrsamarkan warna serta adanya sebuah proses fisika optik yang rumit, maka dari luar yang terlihat justru warna biru.

4. Otak

Otak juga menjadi salah satu alasan kenapa pembuluh darah berwarna biru. Hal ini dikarenakan ketika otak bekerja menerjemahkan warna, belum tentu warna itu benar apalagi jika ada warna lain disebelahnya. Sehingga otak juga mempengaruhi warna pembuluh darah yang pada dasarnya merah menjadi biru akibat ada kontras dengan kulit juga.

Nah itulah sedikit informasi yang perlu kamu tahu kenapa pembuluh darah berwarna biru.

 


Like it? Share with your friends!