5 Kisah Cinta Paling Tragis Sepanjang Sejarah


2

Palingseru.com – Semua orang dari zaman dahulu pasti memiliki kisah cinta. Bahkan , ada sebuah kisah cinta yang terbilang paling tragis di sepanjang sejarah ini. Bebebrapa kisah cinta paling tragis ini dilakukan oleh beberapa orang yang melakukan tindakan luarbiasa untuk memperjuangkan sebuah cinta.

Kisah cinta paling tragis ini terhitung sudah berabad – abad hingga kini terbilang menjadi kisah paling tragis sepnajnag sejarah. Seperti yang dilansir dari liputan6.com, inilah dia diantaranya kisah cinta paling tragis sepanjang sejarah.

1. Presiden AS Andrew Jackson dan Rachel Donelson

Kisah cinta Presiden AS Andrew Jackson dengan Rachel Donelson yang resmi menikah dari tahun 1791. Pada saat itu Rachel Donelson berstatus bigami — menikah dengan 2 pria sekaligus lantaran perceraiannya dengan Lewis Robard, tuan tanah dari Kentucky itu tidak mengurus kasus perceraiannya. Sehingga persoalan ini menjadi skandal bagi pemerintahan Presiden AS Andrew Jackson yang dianggap memiliki istri tak bermoral.

Akan tetapi, Andrew dan Rachel tetap bersatu hingga mereka berhasil menyelesaikan masalh ini dan menikah ulang pada 1794. Setelah pernikahan mereka dilaksanakan dan resmi menjadi keluarga tanpa orang ketiga. Seiring berjalannya waktu ternyata Rachel menderita penyakit serangan jantung dan meninggal pada 22 Desember 1828.

Jackson yang baru saja dilantik menjadi Presiden ke-7 AS itu pun sangat terpukul dengan kepergian istrinya yang saat itu telah dibalut gaun dan sandal putih, yang rencananya akan ia kenakan dalam pelantikan sang suami sebagai presiden. Tak lupa pula, Jackson pun mengungkapkan semua kesedihan nya saat kepergian istrinya setelah dirinya menjadi Presiden AS.

“Saat ini aku adalah Presiden AS dan dalam waktu tak lama aku akan memajukan negaraku. Aku bersyukur diberi kesempatan untuk membuatnya berada di sisiku di tempat yang terhormat, namun Yang Maha Kuasa lebih tahu, apa yang terbaik baginya,” ungkap Jackson seperti yang dilansir dari liputan6.com .”

2. Ratu Victoria dan Pangeran Albert

Kisah cinta Ratu Victoria dan Pangeran Albert ini juga menjadi kisah cinta paling tragis sepanjang sejarah. Kisah cinta sudah mencapai 17 tahun bersama dengan memiliki 9 anak: 4 pria, 5 perempuan. Namun , kematian tidak ada yang menduga dengan meningglanya Pangeran Albert akibat penyakit tifus ini membuat hati Victoria sangat terpukul melihat suami tercintanya suduh dibungkus dengan pakaian hitam pada 1861.

Banyak rumor mengatakan jika hubungan Ratu Victoria dan Pangeran Albert ini tidak seromantis cinta biasanya. Karena kisah cinta mereka dibalut dengan pertengkaran akibat perebutan kekuasaan, dimana Pangeran Albert mengambil tanggung jawab Victoria sebagai ratu saat kehamilan yang membuat Victoria merasa marah dan membuat putranya Bertie merasa dendam.

Bertie yang pada saat itu masih berusia 19 tahun dan sedang ikut latihan militer di Irlandia. Di sana seorang perempuan bereputasi buruk, Nellie Clifden diselundupkan ke tempat tidurnya hingga membuat Albert sangat kecewa dengan tingkah putranya itu.

Seiring berjalannya waktu hingga 40 tahun lamanya Victoria hidup sendiri dengan suasana selalu ebrkabung dan selalu menggenakan pakaian hitam atas kepergian pangeran Albert yang sangat dicintainya itu.

3. Ines de Castro dan Raja Pedro

Ines de Castro yang menikahi putra mahkota Portugal, Pedro ini juga menjadi kisah cinta paling tragis. Pasalnya, Ines de Castro ini adalah pembantu Putri Constance yang pada saat itu masih memiliki seorang istri. Namun, setelah Constance meninggal dunia pada 1349, Pedo mencoba menjadikan Ines sebagai ratunya hingga memiliki 3 orang anak. Hubungan merka ditantang oleh Raja Afonso IV  dan terus berusaha untuk menyingkirkan Ines mengirimkan para bawahannya lvaro Goncalves dan Diogo Lopes Pacheco ke Biara Santa Clara-a-Velha di Coimbra, di mana perempuan itu ditahan.

Bahkan , kejadian paling tragis pun terjadi hingga Ines dibunuh dan dipenggal di depan anaknya yang masih kecil. kemudian dimakamkan di Biara 4 Alcobaca, bersisian dengan Pedro yang mangkat pada 18 January 1367. Dua peti marmer yang indah dilengkapi relief kehidupan mereka. Juga janji Pedro bahwa mereka akan bersama até ao fim do mundo hingga akhir dunia.

Dan kini Pedro pun berhasil menangkap dua algojo itu pada 1361 dan mengeksekusi mereka di depan umum hingga menjadikan Pedro ini sebagai Raja Portugal pada 1357.

4. Shah Jahan dan Mumtaz Mahal

Kisah cinta Shah Jahan dan Mumtaz Mahal ini juga termasuk kedalam kisah cinta paling tragis sepanjang sejarah hingga berhasil meciptakan sebuah monument paling bersejarah yang diberi nama monument Taj Mahal .

Seperti namanya, monument Taj Mahal ini memang dibangun dengan sangat  mahal dan megah pada abad ke-7  oleh seorang raja Shah Jahan yang patah hati ditinggal istri yang ia cintai Mumtaz Mahal itu meninggal dunia. Taj Mahal itu dibangun butuh waktu 23 tahun untuk menuntaskan bangunan itu.

5. Heloise dan Abelard

Seorang penyair Inggris Alexander Pope ini bercerita tentang kisah cinta sepasang anak manusia yang berakhir tragis pada Abad ke-12 yakni Heloise d’Argenteuil yang menikah dengan Abelard.

Heloise d’Argenteuil yang merupakan seorang murid dari Peter Abelard — filsuf, ahli teologi, sekaligus ahli logika terkemuda di zamannya yang lahir tahun 1079. Chambers Biographical Dictionary bahkan menyebutnya sebagai “Pemikir paling tajam dan teolog paling berani dari abad ke-12” .

Hubungan cinta mereka yang membuat Heloise bisa hamil ini membuat mereka berdua nekat untuk bisa melaksanakan sebuah pernikahan kawin lari dari Prancis ke Inggris tempat lahir Abelard. Bahkan ,  Abelard berani menyelundupkan Heloise ke biara Argenteuil demi keamanan Heloise.

Hubungan mereka yang menyerang dan mengebiri Abelard ini terdengar oleh Paman Heloise sekaligus orang berpengaruh di Notre Dame,  Canon Fulbert hingga membuat Heloise masuk biara.

Kisah cinta mereka pun tidak seindah yang dibayangkan untuk bisa hidup bersama walaupun sudah nekat untuk kawin lari. Namun, tidak ada yang menduga jika kisah cinta mereka di pisahkan oleh jeruji biara.

Nah, itulah dia kelima kisah cinta paling tragsi sepanjang sejarah.

More From: Menarik