5 Tanda Tubuh Jika Kekurangan Vitamin


vit

Palingseru.com – Vitamin merupakan satu asupan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh untuk mendukung tubuh yang sehat. Jika asupan vitamin ini tidak terpenuhi , maka tubuh akan mengeluarkan beberapa tanda tertentu yang menjadi sinyal jika tubuh kamu sedang kekurangan vitamin.

Beberapa tanda tubuh jika kekurangan vitamin ini seringkali kamu alami dan kamu tidak menyadari jika tubuh kamu ternyata sedang kekurangan vitamin. Seperti yang dilansir dari merdeka.com, inilah dia 5 tanda tubuh jika kekurangan vitamin.

1. Benjolan atau jerawat yang muncul di pipi, lengan, paha, dan pantat

Jika seringkali kamu mengalami masalah tumbuh benjolan jerawat di pipi , lengan , paha atau pun pantat ini merupakan salah satu tanda jika tubuh kamu kekurangan asam lemak esensial dan vitamin A serta D. Untuk itu, kamu seharusnya lebih banyak mengonsumsi wortel, sayuran hijau, pepaya serta berjemur di bawah sinar matahari untuk segera mencukupi kebutuhan vitamin D bagi tubuh.

2. Kesemutan atau mati rasa

Kesemutan atau mati rasa pada kaki ini biasanya merupakan masalah dari saraf perifer yang menandakan jika tubuh kamu sedang kekurangan vitamin B . Selain rasa kesemutan juga biasanya diserta dengan rasa cemasĀ  dan gejala anemia. Untuk itu, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin B.

3. . Bibir pecah-pecah

Salah satu tanda jika tubuh kamu kekurangan vitamin yakni dengan adanya bibir pecah – pecah. Jika kamu mendapatai bibir pecah – pecah selain karena dehidrasi ini juga menjadi tanda jika tubuh kamu kekurang zat besi, seng, dan vitamin B.

4. Kram otot dalam

Jika tubuh kamu sering mengalami kram otot dalam yang rasanya seperti tidak bisa bergerak lagi ini juga tanda jika tubuh kamu kekurangan mineral larut dalam tubuh seperti magnesium, kalsium, dan kalium.

5. Wajah bersisik dan rambut rontok

Ketika kamu merasa tidak percaya diri akibat wajah terlihat kusam , bersisik dan rambut mulai rontok ini juga menjadi salah satu tanda tubuh kekurangan Vitamin B7 atau biotin serta vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K.

Nah, itulah dia kelima tanda tubuh jika kekurangan vitamin. Usahakan jika kamu mengalami tanda seperti itu segeralah untuk mengonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan vitamin di dalamnya.


Like it? Share with your friends!