5 Cara Ungkapkan Rasa Kesal Tanpa Harus Emosi


kesal

Palingseru.com – Ketika hubungan asmara sedang tidak baik, banyak sekali hal yang membuat hati ini kesal dan membuat kita lebih emosi. Namun, emosi yang akan kita lontarkan akibat rasa kesal tersebut malah akan membuat suasana lebih memburuk sehingga masalah pun akan semakin panjang. Untuk itu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan bagaimana cara mengungkapkan rasa kesal tersebut tanpa harus emosi.

Mengungkapkan rasa kesal tanpa harus emosi ini mencegah pertengkaran dalam hubungan yang sedang kurang baik ini. Beberapa cara ini dilakukan dengan lebih sopan dan juga memberikan nilai yang baik bagaimana kita bisa mengontrol emosi saat perasaan sedang tidak baik.

Seperti yang dilansir dari wolipop.com, inilah dia 5 cara ungkapkan rasa kesal tanpa harus emosi.

1. Gunakan Kata ‘Saya’ Bukan ‘Kamu’

Salah satu cara ungkapkan rasa kesal tanpa harus emosi ini dengan menggunakan kata “saya ” dan bukan “kamu”. Hal ini dijelaskan oleh Psikolog Zoya Amirin jika mengungkapkan rasa kesal pada kekasih sebaiknya agar lebih menggunakan kalimat yang asertif. Kalimat yang asertif ini mencegah kesalahpahaman dan lebih menjaga perasaan pasangan. Karena jika kata “kamu tuh” ini kita ucapkan , maka pasangan akan lebih merasa di tuduh dan suasana lebih memburuk.

2. Perhatikan Kata-kata

Cara kedua yang dapat dilakukan bagaimana mengungkapkan rasa kesal tanpa emosi yakni harus memperhatikan kata – kata yang akan kamu ucapkan serta nada suara yang akan kamu lontarkan. Ucapkan rasa kesal yang kamu rasakan itu dengan nada tenang dan kata – kata yang lebih sopan.

3. Dengarkan dan Evaluasi

Ketika kamu telah menyampaikan rasa kesal itu cobalah untuk mendengarkan bagaimana tanggapan pasangan. Jika dia meminta maaf sebaiknya kamu harus lebih bisa menghargai kata maafnya dan bila dirinya tidak memperdulikan sebaiknya kamu harus lebih bisa membuat dia sadar diri dengan mengungkapkan kembali dan tidak perlu merah – merah tak jelas, ungkapkan secara tenang dan jelas apa yang kamu rasakan saat ini.

4. Tidak Menggunakan Kekerasan

Cara ungkapkan rasa kesal tanpa emosi ini tentunya tidak boleh menggunakan kekerasan. Kamu harus bisa mengontrol amarahmu agar tidak main tangan terhadap pasangan. Memang jika seseorang telah terlanjur emosi, kekerasan sering terjadi agar hati puas. Namun, cara ini akan lebih membuat suasana menjadi rumit. Untuk itu, selain mengontrol emosi kamu juga harus bisa mengontrol iri agar tidak melakukan hal yang tidak diinginkan.

5. Tidak Mengungkit Masa Lalu

Ketika sedang mengungkapkan rasa kesal, jangan pernah mengungkit , membandingkan , atau menyindir tentang masa lalu. Hal ini akan membuat pasangan sakit hati dan lebih membuat masalah bertambah panjang.

Nah, itulah dia kelima cara yang dapat kamu lakukan untuk ungkapkan rasa kesal tanpa harus emosi.


Like it? Share with your friends!

7 shares