5 Orang Guru Yang Pemikiran Serta Jasa Mereka Abadi Hingga Sekarang


079110600_1416887638-25112014-guru

Palingseru.com – Guru merupakan salah satu orang yang dianggap penting dalam kehidupan manusia, karena tanpa guru semua orang pasti tidak akan bisa mengetahui banyak hal. Dengan adanya seorang guru, seseorang bisa mengetahui banyak hal tentang kehidupan didunia ini, karena gurulah yang telah membimbing manusia yang lebih baik dan membagi ilmu yang mereka miliki.

Saking pentingnya guru, setiap orang yang sukses dalam sebuah bidang pasti yang akan ditanya adalah siapa guru mu. Tak heran jika didunia ini terdapat sebuah hari yang dikhususkan untuk menghormati jasa guru, yaitu “Hari Guru”.

Di Indonesia sendiri, hari guru diperingati setiap tahunnya pada tanggal 25 November. Namun, berbeda lagi dengan negara lainnya, karena setiap negara berbeda dalam menetapkan Hari Guru mereka.

Setiap guru pastinya akan mengajarkan ilmu yang bermanfaat untuk anak muridnya. Seperti ke lima guru ini yang pemikirannya serta jasanya abadi hingga saat ini.

Nah, mau tau siapa saja mereka? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Liputan6.com.

1. Socrates

1

Socrates merupakan seorang filsuf Yunani  yang dikatakan sebagai guru paling tercerah dalam sejarah oleh para ilmuwan, dan juga pendidik di seluruh dunia. Socrates juga dikatakan sebagai bapak filsafat barat karena telah menumbuhkan pemikiran kritis di Barat dan pengaruhnya dapat dirasakan di bidang hukum, psikoterapi, dan pelatihan sumber daya bahkan manusia. Tapi, selama hidupnya, Socrates tidak pernah meninggalkan karya tulis satu pun, sehingga pemikirannya selalu berasal dari tulisan muridnya yaitu Plato.

2.  Konfusius

2

Konfusius atau yang lebih sering disebut dengan Kong Hu Cu merupakan seorang pemikir China yang telah mengembangkan suatu pemikiran yang disebut dengan konfusianisme. Konfusianisme adalah sistem yang kompleks moral, pemikiran filosofis, sosial dan politik yang memiliki pengaruh dramatis pada budaya Asia. Berbeda dengan Socrates, Kong Hu Cu sempat meninggalkan sebuah buku yang bernama Analek, yang berisi tentang diskusi dan pembicaraanya saat menjadi guru.

3. Ibnu Sina

3

Ibnu Sina merupakan intelektual muslim  yang pemikirannya sangat berpengaruh besar di dunia. Ibnu Sina beranggapan bahwa tujuan pendidikan harus diarahkan pada pengembangan seluruh potensi yang dimiliki oleh seseorang, potensi itu diantara lain perkembangan fisik, intelektual dan budi pekerti. Dalam tulisan Ibnu Sina mengupas habis tentag ilmu kedokteran, obat-obatan dan berbagai macam penyakit.

4. Albert Einstein

4

Albert Einstein merupakan seorang ahli fisika guru, teori dan penulis yang terkenal karena kontribusi untuk bidang relativitas umum dan relativitas khusus. A,bert Einstein dianggap sebagai ilmuwan terbesar pada abad ke 20. Selain itu ia juga dikenal sebagai pencetus teori pasca-Newtonian ekspansi, teori medan terpadu, prinsip kesetaraan, dan teori opalescence kritis.

Bahkan pada masa tuanya, Albert terkenal di seluruh dunia bahkan mengalahkan ketenaran para ilmuwan pada masa itu. Pada tahun 1999, Albert dinyatakan sebagai “Tokoh Abad Ini” oleh majalah Time.

5. Andrea del Verrocchio

5

Andrea del Verrocchio merupakan seorang pelukis terbesar didunia yang telah melahirkan banyak pelukis-pelukis hebat di dunia. Andrea del Verrocchio diketahui mengajar di Istana Lorenzo de ‘Medici di Florence, dan menjadi guru lukis yang terkenal hebat serta dapat mengajarkan ilmunya dengan baik kepada murid-muridnya.

Nah, itulah dia ke lima guru yang pemikirannya, dan juga jasanya masih abadi hingga saat ini.

 

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Menarik