5 Kesalahan Yang Kamu Lakukan Ketika mencuci Tangan


cc

[ads1]Palingseru.com – Mencuci tangan merupakan salah satu langkah untu hidup sehat. Namun , tidak semua orang yang selalu melakukan langkah mencuci tangan dengan benar. Kebanyakan orang mencuci tangan itu hanya sekedar membasuh yang menurutnya itu sudah bersih. Padahal cara ini termasuk kesalahan yang kamu lakukan ketka mencuci tangan.

Mencuci tangan yang benar tidak hanya menggunakan air yang bersih dan terlihat sudah bersih saja , tetapi masih banyak hal lainnya yang perlu diperhatikan untuk mencuci tangan dengan benar.

Seperti yang dilansir dari liputan6.com, inilah dia 5 kesalahan yang kamu lakukan ketika mencuci tangan.

1. Melewatkan cuci tangan setelah keluar dari toilet

Salah satu kesalahan yang kamu lakukan yakni melewatkan untuk mencuci tangan setelah keluar dari toilet. Hal in tentu saja membuat bakteri lebih mudah menyebar hingga menimbulkan penyakit pada kesehatan tubuh kamu, karena kita tahu jika toilet itu tempat yang banyak kumannya. Seorang ahli mikrobiologi di University of Arizona, Charles Gerba, PhD mengatakan jika melewatkan mencuci tangan setelah dari toilet itu membuat bakteri mudah menyebar di seuruh tubuh apalagi diketahui bila rata-rata orang menyentuh wajahnya 16 kali dalam satu jam.

2. Tidak menggunakan sabun

Mencuci tangan tidak menggunakan sabun ini juga termasuk kesalahan dalam mencuci tangan. Seorang profesor epidemiologi di Columbia University Mailman School of Public Health, New York City, Elaine Larson, PhD, mengatakan formula berbasis a*****l dapat memb**uh kuman lebih cepat daripada sabun biasa dan air.

3. Tidak menggosok cukup lama

Sebelum makan, banyak sekali orang yang hanya sekeda mencuci tangan dalam waktu singkat. Padahal mencuci tangan yang benar sebelum makan ini tentunya perlu menggunakan sabun dan memerlukan waktu 1 menit untuk memastikan tangan tersebut ebnar – benar bersih.

4. Sering menggunakan pengering tangan

Menggunakan pengering tangan ini juga salah satu kesalahan ketika mencuci tangan karena tangan yang masih basah ini lebih mudah terkontaminasi bakteri . Untuk itu diperlukan tisu dan handuk saja lebih efektif untuk mengeringkan tangan.

5. Menyentuh kotoran lagi setelah cuci tangan

Setelah mencuci tangan terkadang kita masih memegang perlatan rumah yang tidak diketahui jika menjadi tempat sarang bakteri sehingga tangan tersebut pun terdapat bakteri kembali walaupun habis mencuci tanagn.

Nah, itulah dia kelima kesalahan yang kamu lakukan ketika mencuci tangan.


Like it? Share with your friends!