5 Pesawat Yang Pernah Hilang Lama dan Berhasil Ditemukan


lady-be-good-rev4

Palingseru.com – Kecelakaan pesawat merupakan salah satu kecelakaan yang sangat sering terjadi didunia ini. Berbagai macam penyebab yang membuat pesawat jatuh atau meledak saat terbang, bahkan ada juga pesawat yang dinyatakan hilang  begitu saja tanpa meninggalkan jejak sedikit pun, dan tanpa diketahui penyebabnya.

Nah, jika pada bulan Maret lalu kita dihebohkan dengan hilangnya secara tiba-tiba pesawat Malaysia Airlines MH370, di mana sampai saat ini belum juga ditemukan.

Kali ini kita akan mengingat kembali beberapa kasus pesawat yang pernah hilang dalam waktu lama, dan berhasil ditemukan, meskipun dalam waktu yang tidak sebentar, bahkan ada yang sampai puluhan tahun.

Nah, mau tau pesawat apa saja yang pernah hilang lama dan berhasil ditemukan? Yuk, langsung saja kita simak ulasanya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Lady Be Good

Pada tahun 1943, Pesawat Angkatan Udara Amerika Serikat Corps B-24D bernama Lady Be Good dinyatakan hilang tanpa jejak saat menjalankan tugas pengeboman  di Italia. Di dalam pesawat tersebut terdapat 9 kru yang ingin menjalankan tugasnya. Pencarian secara besar-besaran pun dilakukan, namun hasilnya nol.

Pada tahun 1958, seorang kru kapal eksplorasi minyak menemukan pesawat tersebut di sebuah gurun di Libya dalam keadaan utuh, bahkan  radio dan senjata otomatis di pesawat tersebut, masih berfungsi, namun tidak ditemukan adanya jejak 9 awak pesawat.

Hingga pada tahun 1960, temukan mayat delapan awak yang tersebar dijalan sejauh 85 mil dari bangkai pesawat. Diduga 8 awak tersebut berhasil menyelamatkan diri sebelum semuanya meninggal dunia.

2. Vicker 785D

Pesawat Vickers 785D juga pernah hilang tepatnya pada 15 Agustus 1976. Pesawat yang berpenumpang 55 orang dengan 4 kru itu tidak pernah ditemukan oleh tim pencari. Hingga akhirnya pesawat itu berhasil ditemukan kembali 26 tahun kemudian. Di mana serpihan pesawat tersebut tersebar ratusan meter di sisi gunung Chimborazo. Para peneliti menduga bahwa timbunan salju yang mencair telah memperlihatkan pesawat tersebut kembali.

3. Helldiver

Pada tahun 1945, pesawat Angkatan Udara Amerika Serikat SB2C-4 Helldiver dinyatakan jatuh di sebuah waduk dekat San Diego. Dua orang yang membawa pesawat tersebut berhasil berenang sebelum pesawat itu tenggelam.  Mesin pesawat tersebut dikatakan mati sehingga membuat pesawat itu jatuh.

Pesawat akhirnya kembali ditemukan pada tahun 2009 oleh dua orang pemancingy yang memancaing di sekitar waduk tersebut.

4. Piper Cherokee

Pesawat sewaan jenis Piper Cherokee dinyatakan hilang pada tahun 1962 saat membawa 4 orang terbang ke Fresno, California. Serpihan pesawat tersebut akhirnya ditemukan pada tahun 1994 di Taman Nasional Yosemite.

5.  Fairey Battle

Pada tahun 1941 pesawat Fairey Battle  yang  membawa empat orang tentara Angkatan Udara Inggris dinyatakan hilang.  Pesawat tersebut dikatakan menabrak  sebuah gunung dalam cuaca buruk, ke empat tentara tersebut meninggal dan jenazahnya tidak pernah ditemukan.

Namun, serpihan pesawat tersebut ditemukan dua hari setelahnya, namun baru lokasi jatuhnya pesawat tersebut baru ditemukan pada tahun 1999.

Nah, itulah dia ke lima pesawat hilang dalam waktu lama dan berhasil ditemukan.

 

 


Like it? Share with your friends!