5 Tim SAR terbaik di Dunia Saat Ini Yang Perlu Kamu Tahu


basarnas-rev1

[ads1]Palingseru.com – Tahukah kamu , keberadaan Search and Rescue Tim (SAR) saat ini menjadi salah satu pahlawan terbaik di dunia yang mereka memiliki jiwa penolong dimana ketika semua orang menjauh dari sebuah bencana dan kecelakaan, tetapi mereka tidak. Mereka tetap berani mendekati bencana tersebut demi melakukan penyelamatan. Sejauh ini tercatat ada beberapa Tim SAR terbaik di dunia yang pastinya perlu kamu ketahui.

Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 5 Tim SAR terbaik di dunia yang saat ini perlu kamu ketahui.

1. The United States Coast Guard (AS)

Salah satu Tim SAR terbaik di dunia ini adalah The United States Coast Guard yang merupakan Pasukan Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS). Tim SAR ini merupakan angkatan bersenjata AS yang memiliki tugas yang multifungsi, sebagai pasukan maritim, militer, menjalani berbagai misi unik di seluruh AS dalam meneggakkan hukum kemaritiman. Tercantum dalam Tim SAR terbaik di dunia sebab tim ini telah menjalani medan tugas hingga ke berbagai negara, mulai dari Perang Dunia I, Perang Dunia II hingga Operasi Pembebasan Irak pada 2007 dengan mengoperasikan ribuan peralatan canggih yang bisa digunakan selama berlangsungnya penyelamatan.

2. RAF Search and Rescue Force (Inggris)

RAF Search and Rescue Force ini juga merupakan salah satu tim SAR terbaik di dunia yang ini merupakan koordinasi Angkatan Udara Inggirs, atau Royal Air Force ini baru dibentuk pada 1941 dan pernah menjadi tim penyelamat terbaik di Perang Dunia II dari serangan udara Nazi Jerman, yang dikenal Battle of Britain dan berhasil menyelamatkan lebih dari 8.000 kru pesawat tempur dan 5.000 warga sipil.

3. Tokushu Kyuunan Tai (Jepang)

Tim Tokushu Kyuunan Tai atau Tim Penyelamat Spesial di bawah bendera pasukan Penjaga Pantai Jepang ini  juga mnejadi salah satu Tim SAR terbaik di dunia yang  pernah menjadi tim penyelamat terbaik saat kapal tangker LPG Jepang Yuyo Maru No. 10 dan kapal Pasific Alice asal Liberia meledak hingga kobaran api begitu dahsyat dengan menewaskan 33 orang dan melukai 8 orang .

4. Tim SAR Denmark

Tim SAR Denmark ini juga termasuk dalam anggota Tim SAR terbaik di dunia yang pernah berhasil menangani 79 kecelakaan pesawat yang telah menewaskan 62 orang selama 1950 hingga 1955 sebagai penyelamatan sipil dengan Joint Rescue Coordination Centre yang berisi personel dari AL, AU, dan Pengamanan Maritim Denmark.

5. Basarnas

Basarnas merupakan salah satu Tim SAR terbaik di dunia yang merupakan lembaga non pemerintah yang dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden No 11 Tahun 1972 tanggal 28 Februari 1972 tentang Badan SAR Indonesia (BASARI) dengan memiliki tugas sebagai tim penyelamat saat musibah kecelakaan dan pelayaran. Sejauh ini Basarnas telah berhasil melaksanakan tugasnya pada penyelamatan Adam Air penerbangan 574 (2007), kecelakaan Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak (2012), dan Indonesia AirAsia penerbangan QZ8501 (2014).

Nah, itulah dia kelima Tim SAR terbaik di dunia yang perlu kamu ketahui.

More From: Menarik