Seram Bro, Lokasi Jatuhnya Pesawat AirAsia Ternyata Bekas Kuburan


20eb8babe9ad3a120d3fc3522516e86d_imresized

Palingseru.com – Jatuhnya pesawat AirAsia beberapa waktu lalu, ternyata mengungkap sejarah yang cukup penting untuk diketahui. Lokasi jatuhnya pesawat AirAsia di pangkalan Bun, Selat Karimata, ternyata merupakan bekas kuburan mayat-mayat korban dari reruntuhan kapal perang dunia 2.

Pangkalan Bun awalnya tidak begitu diketahui oleh orang-orang, namun setelah pesawat AirAsia jatuh di sekitar lokasi tersebut membuat Pangkalan Bun menjadi sorotan publik.

Banyak orang yang ikut mencari korban di lokasi tersebut. Tim pencari yang merupakan gabungan dari Badan SAR Nasional (basarnas), TNI, Polri, juga tak ketinggalan ikut mencari korban dan reruntuhan pesawat.

Saat tim pencari mendeteksi sisa-sisa pesawat AirAsia, tim pencari menemukan logam yang ternyata merupakan logam kapal perang yang jumlahnya cukup banyak.

“Tim pencari mendeteksi struktur logam, tapi bukan pesawat, kemungkinan kapal yang tenggelam,” terang Direktur Operasi Basarnas Supriyadi, seperti dilansir Lintas.me.

Hal ini pastinya akan membuat pencarian tim SAR menjadi lebih lambat, karena sonar yang dibutuhkan untuk mendeteksi logam pesawat malah mendeteksi logam kapal perang.

Lokasi tersebut ternyata memang menjadi lokasi yang sering terjadinya kecelakaan kapal perang. Pada 27 Februari 1942, terjadi pertempuran antara beberapa negara seperti Belanda, Inggris, Amerika, dan Australia yang berhasil dikalahkan oleh Jepang.

Kemudian, pada Pertempuran Selat Sunda 1 Maret 1942, juga membuat kapal perang USS Houston tenggelam di sana.

 

More From: Berita Menarik