6 Bulan Tidak Lepas Lensa Kontak, Mata Wanita ini Berubah Jadi Mengerikan


mata rusak akibat lensa kontak

Palingseru.com – Apa kamu tahu jika lensa kontak yang kamu pakai tidak dilepas maka akan membuat mata kamu menjadi sangat mengerikan, salah satu kasusnya adalah wanita Taiwan ini selama 6 bulan tidak lepas lensa konta matanya pun berubah jadi mengerikan jika dilihat.

Mahasiswa bernama Lian Kao ini ternyata tak melepas lensa kontaknya selama enam bulan alias setengah tahun. Apa yang terjadi kemudian, ternyata sangat mengerikan. Ia mengalami kebutaan permanen!

Kenapa bisa demikian, lensa kontak yang tak pernah dibersihkan akan menjadi sarang bakteri. Banyaknya bakteri tersebut akan menarik mikroorganisme pemakan bakteri semisal acanthamoeba. Dan inilah yang terjadi dalam kasus Kao.

Acanthamoeba ini merupakan amuba umum yang biasanya tak berbahaya bagi manusia. Namun koloni acanthamoeba bisa berbahaya karena berinteraksi dengan bakteri yang jumlahnya banyak.

Dokter mengatakan bahwa ada kemungkinan bakteri-bakteri itu bersarang di lensa kontak Kao ketika ia berenang. Bakteri itu masuk terus-menerus dalam jangka waktu yang lama hingga kemudian menjadi koloni yang banyak.

Saat bakteri mulai habis, sementara koloni acanthamoeba semakin besar, maka amuba ini membutuhkan makanan lainnya. Oleh karena itu mereka mulai memakan bagian kornea untuk mencari bakteri lebih banyak. Inilah yang dinamakan dengan kasus Acanthamoebic Keratitis.

Biasanya, hal ini menyebabkan rasa sakit dan kemerahan pada bagian mata. Kebanyakan orang biasanya tak sadar dengan gejala ini sehingga tak langsung ditangani secara medis. Padahal efeknya sangat mengerikan.

Inilah kondisi mata Kao yang kini mengalami buta permanen.

Medical Daily

Medical Daily

Menurut dokter, kondisi ini bisa disembuhkan dengan melakukan transplantasi kornea. Namun, sebagian lainnya terpaksa harus mengalami kebutaan karena infeksi yang sudah terlalu parah.

More From: Aneh Unik