7 Akibat Buruk Jika Kamu Kurang Minum Air


 

hj

Palingseru.com – Air merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk menghasilkan air pastinya kamu membutuhnya minum setiap harinya. Namun, terkadang kesibukan pekerjaan atau yang lainnya membuat banyak orang malas untuk minum atau lupa minum air putih.

Memang hal ini masih dianggap sepele oleh kebanyakan orang, tapi perlu kamu ketahui bahwa kurang minum air putih dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan pada tubuh kamu.

Ada banyak masalah yang dapat diakibatkan ari kurangnya minum air putih. Diantaranya akan dibahas paa artikel kali ini.

Nah, mau tau apa saja akibat buruk dari kurangnya minum air ? Yuk, langsung saja kita simak ulasanya yang berikut ini, seperti dilansir Mereka.com.

1. Kehilangan garam dan cairan tubuh

Tahukah kamu bahwa kurangnya minum air bisa membuat tubuh kamu kekurangan garam dan juga cairan tubuh. Padahal cairan tubuh an juga garam sangat diperlukan oleh tubuh untuk bekerja dengan baik. Selain itu, tubuh yang kekurangan cairan dan garam bisa membuat mulut kering, mata kering dan lain-lain.

2. Peningkatan tekanan darah

Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang sering dialami oleh orang-orang. Penyakit ini bisa disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah faktor keturunan. Namun juga bisa disebabkan oleh kurangnya minum air, karena saat tubuh kekurangan cairan maka dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan memicu tekanan darah tinggi.

3. Kelelahan

Kekurangan cairan akibat kurang minun juga bisa menyebabkan tubuh mudah merasa lelah. Hal ini dikarenakan kerja tubuh tidak berjalan dengan maksimal karena kurangnya cairan tersebut.

4. Masalah pencernaan dan konstipasi

Kekurangan cairan juga bisa menyebabkan masalah pencernaan dan konstipasi. Untuk mengolah makanan usus membutuhkan banyak cairan sehingga jika tubuh kekurangan cairan, maka pencernaan pun akan terganggu dan timbulkan konstipasi.

5. Penambahan berat badan

Tahukah kamu bahwa sebenarnya air bisa membantu kamu untuk menurunkan berat badan kamu. Nah, jika kamu kekurangan cairan, maka berat badan kamu malah akan meningkat. Hal ini dikarenakan rasa haus akan membuat kamu merasa lapar dan akhirnya ingin makan terus menerus.

6. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih juga bisa disebabkan oleh kurangnya minum air. Tubuh yang kekurangan cairan membuat saluran kemih menjadi kering,  dan terasa sensasi seperti terbakar sehingga akan mengalami infeksi yang cukup serius.

7. Kram otot

Satu lagi masalah kesehatan yang akan kamu alami ketika kamu kekurangan air yaitu kram otot. Saat tubuh kamu kekurangan cairan, otot akan lebih sensitif dan mudah mengalami kram.

Nah, itulah dia ke tujuh masalah kesehatan yang disebabkan oleh kekurangan air.

 


Like it? Share with your friends!