5 Kasus Keracunan Makanan Paling Luar Biasa yang Pernah Bikin Heboh Dunia


racun-terigu-tewaskan-1600-orang-di-afghanistan-rev1

Palingseru.com – Kasus keracunan makanan yang menyebabkan banyak orang yang meninggal merupakan kasus yang sudah sering terjadi di dunia ini. Bahkan kasus ini merupakan kasus yang harus diwaspadai.

Keracunan makanan bisa disebabkan oleh banyak hal seperti makanan yang bercampur dengan bahan yang berbahaya, atau makanan yang sudah kadarluarsa.

Nah, berikut ini ada lima kasus keracunan makanan yang paling luar biasa yang pernah bikin heboh dunia. Mau tau seperti apa ? Yuk, langsung saja kita simak ulasanya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Susu formula bermelamin di China bikin 300 bayi mengalami gagal ginjal

Kasus keracunan makanan yang baru-baru ini terjadi adalah susu formula yang mengandung melamin di China yang menyebabkan 300 bayi mengalami gagal ginjal. 6 bayi dikatakan sudah meninggal dan yang lainnya masih dirawat di rumah sakit. Kasus ini bikin heboh China bahkan sampai ke Indonesia.

2. Keracunan tumbuhan jeruju tewaskan 60 orang di India

Di India pernah mengalami keracunan massal yang disebabkan oleh minyak mustard yang mereka konsumsi setiap hari. Minyak tersebut diketahui telah terkena zat argemone mexicana atau tanaman jeruju.  Tanaman ini memang diketahui memiliki racun yang cukup berbahaya. Keracunan makanan ini membuat 60 orang meninggal  dunia, dan yang lainnya mengalami muntah-muntah, sakit kepala bahkan mengalami gangguan penglihatan.

3. Susu produk Jepang tewaskan 100 orang

Pada tahun 1955, Jepang juga pernah mengalami keracunan makanan yang disebabkan oleh produk susu di Jepang. Produk susu yang bermerek Morinaga ini diketahui telah tercampur arsenik dan bahan pengawet disodium fosfat dosis tinggi.  Akibatnya banyak orang yang mengalami diare bahkan tewas.

4. Ikan bermerkuri tewaskan 1.784 orang di Jepang

Jepang merupakan negara yang warganya paling suka mengonsumsi ikan. Bagi mereka ikan merupakan sumber protein paling utama. Bahkan karena kebiasaanya mengonsumsi ikan ini membuat warga Jepang mengalami keracunan makanan yang menewaskan ribuan orang. Hal ini disebabkan oleh limbah merkuri yang dibuat ke laut dan membuat ikan laut terkontaminasi dengan racun merkuri.

5. Racun terigu tewaskan 1.600 orang di Afghanistan

Warga Afghanistan mengonsumsi terigu dalam bentuk roti setiap harinya. Pernah kejadian warga Afghanistan yang tewas secara massal akibat keracunan terigu yang sudah terkontaminasi dengan  racun.

Nah, itulah dia ke lima keracunan makanan yang paling luar biasa dan menewaskan banyak orang.

 

More From: Menarik