10 Hal Buruk yang Akan Terjadi Pada Tubuh Kamu Jika Kekurangan Vitamin D


hjk

Palingseru.com – Seperti yang kita ketahui vitamin merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Ada vitamin A yang dibutuhkan untuk menjaga mata agar tetap sehat. Ada vitamin C yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, dan masih banyak lagi.

Jika vitamin sangat penting untuk tubuh, secara tak langsung tubuh tidak boleh kekurangan vitamin. Nah, kali ini palingseru.com akan membahas mengenai vitamin D, di mana lebih khususnya pada hal buruk yang terjadi jika tubuh kekurangan vitamin D.

Seperti dilansir Merdeka.com, berikut inilah dia ke 10 hal buruk yang akan terjadi pada tubuh kamu jika kekurangan vitamin D.

1. Osteoporosis

Vitamin D bermanfaat untuk menguatkan tulang, jika tubuh kekurangan vitamin D, maka tulang akan mudah rapuh, retak, atau mengalami osteoporosis. Osteoporosis ini akan dialami oleh orang-orang yang kekurangan vitamin D.

2. Asma

Penyakit asma bisa disebabkan oleh tubuh yang kekurangan vitamin D. Hal ini disebabkan karena tidak ada yang memblokir protein penyebab peradangan di paru-paru. Sehingga tubuh sangat mudah terserang asma.

3. Gangguan jantung

Kekurangan vitamin D juga bisa menyebabkan tubuh mengalami gangguan jantung. Hal ini dikarenakan saat tubuh kekurangan vitamin D, tubuh akan sangat  berisiko tinggi untuk terkena darah tinggi sehingga gangguan jantung pun sangat mudah dialami.

4. Peradangan

Tubuh yang kekuragan vitamin D juga bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun . Hal ini bisa  menyebabkan gangguan kesehattan seperti peradangan.

5. Kolesterol

Vitamin D berfungsi untuk mengatur  kadar kolesterol didalam darah. Jika tubuh kekurangan vitamin D, maka tubuh akan sangat mudah terserang kolesterol tinggi.

6. Alergi

Alergi juga akan dialami seseorang yang kekurangan vitamin D. pernyataan ini didapat dari hasil penelitian terhadap anak-anak yang memiliki vitamin D rendah. Alergi yang biasanya dialami berupada alergi terhadap udara dan juga makanan.

7. Flu

Flu memang merupakan penyakit yang dianggap sepele, tapi biarpun sepele flu bisa membuat kamu risih dan mengganggu hari-hari kamu. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan kamu mudah terserang flu atau pilek. Karena kekurangan vitamin D mampu menyebabkan inflamasi atau peradangan di sistem pernapasan.

8. Depresi

Depresi memang bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah kekurangan vitamin D. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan tubuh mudah mengalami depresi, karena kekurangan vitamin D bisa menyebabkan kamu mudah mengalami stres dan akhirnya berujung pada depresi.

9. Diabetes

Tahukah kamu bahwa kekurangan vitamin D juga bisa menyebabkan tubuh mengalami penyakit diabetes. Hal ini disebabkan karena vitamin D membantu dalam sekresi insulin dari pankreas dan meningkatkan respon tubuh terhadap glukosa darah. Sehingga penyakit diabetes pun akan mudah terserang.

10. Kanker

Kanker merupakan penyakit no satu yang paling mematikan di dunia. Penyebab penyakit kanker yang paling dikenal adalah rokok. Tapi selain rokok, kekurangan vitamin D juga bisa menyebakan penyakit kanker, bahkan sebanyak 75% kekurangan vitamin D diyakini bisa berujung pada kanker.

Nah, itulah dia ke sepuluh hal buruk yang akan terjadi pada tubuh yang kekurangan vitamin D.

 


Like it? Share with your friends!