5 Teknologi Asal Indonesia yang Sudah di Kenal Dunia


teori-23-kromosom-rev1

Palingseru.com – Indonesia terkenal dengan negara yang kaya akan sumber daya alam. Namun, sayangnya kebanyakan sumber daya alam yang dimiliki oleh Indonesia di kuasi oleh negara lain. Hal ini dikarenakan terlalu banyak kekayaan alam yang bahkan tak terurus oleh pemerintah Indonesia.

Namun, meskipun begitu Indonesia tetap bisa menciptakan penemuan hebat seperti negara lainnya. Salah satunnya di dunia teknologi. Indonesia bisa menciptakan teknologi yang terkenal hingga ke seluruh dunia.

Nah, mau tau teknologi apa saja yang  terkenal berasa dari Indonesia ? Yuk, langsung saja kita simak ulasanya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Pondasi  cakar ayam

pondasi-cakar-ayam-rev1

Pondasi cakar ayam pada tiang listrik merupakan ciptakan orang Indonesia yang bernama Prof. Dr. Ir. Sedijatmo. Ia menciptakan pondasi cakar ayam ini  karena saat itu ia diminta untuk menciptakan 7 menara listrik dengan tegangan tinggi yang bisa mengurasi tekanan pada permukaan tanah.

2. Pesawat  CN-235

pesawat-cn-235-rev6

Pesawat dengan kecepatan maksimal 509 km per jam dan jarak tempuh 796 km ini diciptakan oleh orang Indonesia yang bekerja sama dengan CASA asal Spanyol.

3. Teknik pengeringan sperma ( Evaporative Drying )

teknik-pengeringan-sperma-evaporative-drying-rev1

Mulyoto Pangestu merupakan penemu teknologi teknik pengeringan sperma dengan cara yang mudah dan sederhana. Mulyoto Pangestu  merupakan mahasiswa Ph.D di Monash University, Australia.

4. Teori 23 kromosom

teori-23-kromosom-rev1

Seorang ahli Cytogenetcis asal Indonesia yaitu Dr. Jow Hin Tjio  telah berhasil menemukan fakta bahwa kromosom manusia sebenarnya berjumlah 23. Teori yang ditemukan pada tahun 1955 ini pun berhasil memetahkan keyakinan para ahli bahwa kromosom manusia berjumlah 24.

5. Sistem telekomunikasi 4G dengan basis OFDM

sistem-telekomunikasi-4g-berbasis-ofdm-rev1

Seorang ilmuwan ITB yang bernama Khoirul Anwar  bersama dengan teman-temannya berhasil menemukan sebuah sistem telekomunikasi 4G dengan basis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing).

Nah, itulah dia ke lima teknologi asal Indonesia yang di kenal dunia.

 


Like it? Share with your friends!