Ini Caranya Bedakan Batu Akik Asli dengan Yang Palsu


tips-membedakan-batu-akik-asli-dan-palsu-lipsus-batu-akik-2

Palingseru.com – Batu akik merupakan salah satu perhiasan yang banyak dicari oleh orang-orang. Selain batu akik merupakan perhiasan mewah yang juga memiliki arti tertentu untuk seseorang, batu akik juga dikatakan bisa menghindarkan sipemakai dari mara bahaya.

Namun, karena batu akik ini banyak dicari, banyak sekali orang yang menjual batu akik palsu. Banyak sekali orang-orang yang sudah tertipu dengan batu akik palsu ini, bahkan ada yang membeli batu akik palsu dengan harga yang mahal.

Hal ini terjadi karena masih banyak orang yang tidak mengetahui secara detail mengenai batu akik asli, sehingga mereka tidak bisa membedakan batu akik yang asli dengan yang palsu.

Nah, kali ini palingseru.com, akan berbagai informasi mengenai cara membedakan batu akik asli dengan batu akik palsu. Seperti dilansir Merdeka.com, berikut inilah dia beberaa cara membedakan batu akik palsu dengan batu akik asli.

1. Perbedaan yang pertama adalah cara pembuatannya. Batu akik yang asli dibuat dari alam dengan proses penyempurnaanya dengan cara diukir kemudian digosok sehingga tersisa warna corak khas dari alam. Sedangkan yang palsu dibuat melalui beberapa proses seperti pemanasan, radiasi, dan pewarnaan agar menghasilkan batu akik yang indah.

2. Batu akik yang asli berwarna sedikit redup karena memiliki serat didalamnya yang memperlihatkan seperti retak. Sedangkan batu akik yang palsu tidak memiliki serat dan berwarna sangat terang.

3. Batu akik yang asli akan memiliki noda jika dilihat dengan menggunakan senter, sedangkan yang palsu tidak memiliki noda. Dan kamu juga bisa menggunakan kaca pembesar untuk melihat serat didalamnya.

4. Lebih mudahnya lagi kamu bisa mengetesnya dengan menggunakan tablet atau handphone touchscreen. atu akik yang asli bisa menggeser layar touch screen handphone kamu dengan sendirinya.

5. Batu akik yang asli lebih berat dari batu akik yang palsu.

6. Batu akik yang asli bisa dibuat sertifikat, jadi jika ingin membeli batu akik yang asli kamu bisa meminta sertifikat keaslian batu akikĀ  tersebut.

7. Jika ingin lebih yakin dengan keaslian batu akik tersebut, kamu bisa bawa ke laboratorium agar di uji cobakan di sana.

Nah, itulah dia beberapa cara membedakan batu akik yang palsu dengan batu akik yang asli.

 


Like it? Share with your friends!