5 Gurun Pasir yang Menyimpan Keajaiban Alam


3

[ads1]Palingseru.com – Lautan pasir yang begitu luas dan memiliki cerita – cerita menakjubkan yang kita sebut sebagai gurun pasir ini memang menjadi salah satu keindahan dunia. Sejauh ini ada beberapa gurun pasir yang menyimpan keajaiban alam dengan memiliki banyak kisah menakjubkan.

Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 5 gurun pasir yang menyimpan keajaiban alam.

1. Gurun Gobi – Yue Yaquan

1

Gurun Gobi merupakan salah satu gurun pasir yang menyimpan keajaiban dunia. Gurun Gobi ini pada dasarnya adalah sebuah danau yang disebut sebagai Danau Yueyaquan yang dulu nama ini berasal dari zaman Dinasti Qing. Danau ini terletak di tengah-tengah oasis Gurun Gobi, 6 kilometer dari kota Dunhuang di Provinsi Gansu, China bagian barat. Danau ini memiliki bentuk seperti bulan sabit yang di dalamnya terdapat hamparan rumput hijau yang cantik dan danau air tawar dengan air yang jernih.

2. Death Valley – Batu Berjalan

2

Death Valley ini juga merupakan gurun pasir yang menyimpan keajaiban dunia dengan permukaan tanah tandus antara Cottonwood dan Last Chance Ranges. Death Valley ini disebut sebagai batu bejalan yang memang di dalamnya terdapat batu-batu besar yang berserakan di tempat ini senantiasa berpindah tempat, bergeser dengan sendirinya seolah didorong kekuatan besar yang tidak bisa dilihat oleh kasat mata.

3. Gurun Yordania – Pohon Sahabi

3

Gurun Yordania ini adalah salah satu gurun pasir yang juga menjadi tempat sejarah Nabi Muhammad SAW yang di dalamnya tedapat sebuah pohon Sahabi. Pohin Sahabi ini menjadi pohon yang diberkati dan menjadi satu – satunya pohon yang berhasil bertahan hidup di tengah ganasnya gurun Yordania selama 1400 tahun dengan radius ratusan kilometer.

4. Gurun Danakil – Kawah Hijau Dallol

4

Gurun Danakil ini juga merupakan gurun yang juga memiliki keajaiban alam. Gurun ini terletak di sebelah timur laut Ethiopia yang di dalamnya terdapat sebuah kawah gunung berapi yang memiliki pemandangan menakjubkan, yaitu Dallol yang kini menjadi sumber air panas dengan kandungan asam tinggi, bukit belerang, gundukan garam, dan geyser yang sesekali menyemburkan gas.

5. Gumuk Pasir Parangkusumo

5

Gumuk pasir Parangkusumo ini juga merupakan salah satu gurun dengan keajaiban alamnya yaitu terbentuk di tengah daerah beriklim tropis seperti Indonesia, bukannya daerah kering macam Afrika dan Timur Tengah. Gurun ini berada di Pesisir selatan Yogyakarta memang berukuran lebih kecil daripada gurun pasir Sahara.

Nah, itulah dia kelima gurun yang memiliki keajaiban alam.

 


Like it? Share with your friends!