5 Presiden Ini Rela Gajinya Dipotong Untuk Selamatkan Negara


5

Palingseru.com – Menjadi seorang Presiden atau pemimpin suatu negara memang bukan merupakan hal yang mudah, karena harus mengurusi semua rakyatnya yang sangat banyak. Belum lagi masalah negaranya yang harus ia selesaikan, dan disamping itu seorang presiden juga harus memikirkan kehidupan rakyatnya.

Presiden juga harus lebih memperhatikan rakyatnya saat negaranya dilanda krisis ekonomi. Bahkan ada beberapa Presiden yang rela gajinya di potong  untuk menyelamatkan negaranya.

Nah, mau tau siapa saja Presiden yang rela gajinya dipotong untuk selamatkan negaranya ? Yuk, langsung saja kita simak ulasanya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Harga minyak dunia turun, Presiden Venezuela rela potong gaji

1

Presiden Venezuela Nicolas Maduro memiliki rencana untuk menurunkan gajinya dan juga gaji-gaji para menteri-menteri, serta pejabat eselon lainnya, untuk membantu negaranya. Saat itu harga minyak dunia turun drastis hingga di bawah USD 70 per barel.

“Saya sudah memerintahkan gaji menteri dan direksi BUMN untuk dipangkas, dan itu harus dimulai dari gaji presiden,” kata Maduro.

2. Presiden Bolivia potong gajinya 50 persen buat dana pendidikan dan kesehatan

2

Presiden Bolivia Evo Morales berjanji akan memotong gajinya sebesar 50 persen untuk membantu dana pendidikan dan juga kesehatan. Hal ini berarti gaji pejabat juga harus dipertimbangkan karena gaji pejabat tidak boleh lebih tinggi dari gaji Presiden.

Evo Morales hanya menerima gaji sebesar USD 1.800 atau Rp 23,5 juta  setiap bulannya setelah dipotong sebanyak 50 persen. Morales mengatakan bahwa langkah tersebut ia ambil untuk memperbesar jumlah dokter dan guru.

3. Obama potong gajinya 5 persen

3

Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama rela memotong gajinya sebesar lima persen untuk solidaritas kepada para pegawai pemerintah yang dirumahkan.

Banyak para pegawai pemerinta yang terpaksa harus cuti karena adanya pengurangan anggaran belanja, sehingga Obama pun berinisiatif untuk memotong gajinya sebanyak lima persen untuk mereka.

Selama ini Obama digaji sebesar Rp 3,9 miliar setahunnya, dan jika di potong sebanyak 5 persen, itu berarti ada sekitar Rp 195 juta yang telah diserahkannya.

4. Presiden Rusia rela potong gaji, saat krisis ekonomi

4

Karena mengalami krisis ekonomi, Presiden Rusia dan juga para perdana menteri, dan sejumlah pejabat Rusia lainnya, telah menandatangani dekrit yang menyatakan jika mereka rela gajinay dipotong.

Krisis ekonomi yang terjadi sejak tahun lalu, membuat mereka harus potong gaji untuk mengurangi kesusahan rakyatnya. Jika kodisi tidak membaik, maka pemotongan gaji mereka akan diperpanjang hingga tahun 2016.

“Jika kondisi ini (krisis ekonomi) tidak berubah signifikan, maka pemotong gaji akan diperpanjang,” kata Presiden Rusia Vladimir Putin.

5. Presiden termiskin sejagat sumbangkan 90 persen gajinya

5

Presiden Uruguay Jose Mujica merupakan presiden yang paling dermawan didunia, karena Jose Mujica rela menyumbangkan sebesar 90 persen dari gajinya  untuk amal.

Jose merasa cukup dengan gajinya tersebut, sehingga ia rela jika harus menyumbangkan gajinya sebanyak 90 persen dan hanya mengambil uang sebesar Rp 11.931.250 dari gaji Rp 119.312.500 per bulan.

Nah, itulah dia ke lima presiden yang rela memotong gajinya demi menyelamatkan negaranya.

 

More From: Menarik