5 Fakta Menarik Sistem Pencernaan yang Perlu Kamu Ketahui


sistem

[ads1]Palingseru.com – Tubuh manusia tersusun dari beberapa organ yang semuanya menjadi satu sistem yang saling berhubungan dan bekerja dengan memiliki fungsi masing – masing. Dan salah satu sistem tubuh manusia yang akan kita bahas kali ini adalah sistem pencernaan terkait dengan beberapa fakta menarik sistem pencernaan yang perlu kamu ketahui.

Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 5 fakta menarik sistem pencernaan yang perlu kamu ketahui.

1. Gravitasi tidak mempengaruhi sistem pencernaan

Salah satu fakta menarik sistem pencernaan yakni gravitasi tidak mempengaruhi sistem pencernaan. Kita tahu gravitasi adalah hukum alam di mana semua benda akan jatuh ke bawah, begitu pula dengan makanan yang telah masuk ke sistem pencernaan tetap bisa turun karena ada gerakan peristaltik yaitu proses otot-otot kerongkongan menyempit dan melonggar seperti gelombang yang mendorong makanan ke bawah melalui saluran kecil dan masuk ke perut did alam tubuh kita.

2. Pa**ang seluruh sistem pencernaan adalah sekitar 30 meter

Fakta menarik sistem pencernaan yang berikutnya adalah pa**ang sistem pencernaan orang dewasa bisa mencapai 30 meter yang terbagi menjadi 8 bagian yaitu mulut, kerongkongan, lambung, usus kecil dan usus besar, hati, pankreas, dan kantong empedu. Dan semua bagian tersebut memiliki fungsi masing – masing.

3. Manusia mengeluarkan 1 liter liur per hari

Tahukah kamu jika sistem pencernaan mempengaruhi produksi air lir. Diketahui bila manusia mengeluarkan 1 liter liur perhari untuk membantu melunakkan makanan, melembabkan, serta membantu menelan makanan.

4.Perut orang dewasa bisa menampung 4 liter makanan

Fakta menarik sistem pencernaan yaitu perut manusia bisa menampung 4 liter makanan ketika penuh.

5. Ada 2 jenis utama proses pencernaan

Yang terakhir fakta menarik sistem pencernaan tersebut jika ada 2 jenis utama sistem pencernaan makanan yang diantaranya pencernaan mekanikĀ  dan pencernaan kimia. Masing – masing sitem pencernaan tersebut memiliki fungsi yang berbeda jika sistem pencernaan mekanik ini makanan dipecah secara fisik menjadi potongan yang lebih kecil. Sedangkan proses pencernaan kimiawi yang membutuhkan enzim untuk mengolah makanan lebih lanjut.

Nah , itulah dia kelima fakta menarik sistem pencernaan yang perlu kamu ketahui.

 


Like it? Share with your friends!